Nasional

Program Banjamsos Dinsos Sumbar Sukses, Irwan Basir Terima Plakat Penghargaan dari Mensos RI

156
×

Program Banjamsos Dinsos Sumbar Sukses, Irwan Basir Terima Plakat Penghargaan dari Mensos RI

Sebarkan artikel ini
TERIMA---Kabid Banjamsos Dinsos Sumbar menerima plakat penghargaan dari Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat (6/9).

PADANG-Bidang Bantuan Jaminan Sosial (Banjamsos) Dinsos Sumbar terima plakat Penghargaan dari Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita di Kementerian Sosial Jakarta, Jumat (6/9/19). Penghargaan atas keberhasilan program keserasian sosial dan kearifan lokal tersebut diterima Kabid Banjamsos Dinsos Sumbar Irwan Basir Dt Rj Alam SH MM.
“Plakat penghargaan ini merupakan dari keberhasilan Bidang Bantuan Jaminan Sosial (Banjamsos) yang sukses melaksanakan program keserasian sosial dan kearifan lokal dengan lancar yang sesuai dengan target fungsional,” ujar Kadis Sosial melalui Kabid Banjamsos Dinsos Sumbar Irwan Basir Dt Rj Alam, Senin (16/9/19)
Dikatakan Irwan, program keserasian sosial dan kearifan lokal terdapat sebanyak 12 titik yang dilaksanakan di kabupaten dan kota di Sumbar. Program keserasian sosial dan kearifan lokal bernilai Rp1,8 miliar dari Kementerian Sosial RI anggaran tahun 2019.
Program keserasian sosial dan kearifan lokal ini terdiri dari program fisik di antaranya, pembangunan irigasi yang sebelumnya memicu konflik sosial, pos ronda, lapangan sepakbola dan tapal batas. Namun, pengerjaanya dengan cara swadaya masyarakat. Sehingga, dana anggaran bantuan tersebut tiak dipergunakan untuk upah tukang. Sehingga hasilnya melebihi dari anggaran yang dikucurkan kepada masyarakat tersebut.
“Dari 10 Bidang Banjamsos Dinas Sosial provinsi secara nasional salah satunya termasuk Banjamsos Dinsos Sumbar yang tercapai targetnya,” ujar Irwan.
Penghargaan tersebut berdasarkan surat dari Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial RI, No.661/LJS PSKBS/PB.0104/8/2019 soal penerimaan Plakat Penghargaan dari Mensos RI. Undangan tertanggal 30 Agustus 2019 tersebut ditandatangani Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana ALam M Syafii Nasutian.
Dikatakan Irwan, tentu dengan diterimanya plakat penghargaan ini diharapkan pada tahun mendatang menjad tantangan yang berat untuk mempertahankannya. Jika bisa duipertahankan, tentu dalam pelaksanaan program keserasian sosial dan kearifan lokal tersebut lebih baik lagi pelaksanaannya. “Kemudian, masyarakat yang menerima bantuan itu lebih merasakan dampak dari bantuan program tersebut,” ujar Irwan. (rjk)

BACA JUGA  Dialog dengan Presiden, Petani Wonosobo Ungkapkan Manfaat Lumbung Pangan

Comment