Umum

Sudah Saatnya Sumbar Tinggalkan Pelayanan Konvensional, Lahirkan Inovasi Pelayanan

261
×

Sudah Saatnya Sumbar Tinggalkan Pelayanan Konvensional, Lahirkan Inovasi Pelayanan

Sebarkan artikel ini

PADANG — Seharusnya Pemprov Sumbar sudah mulai meninggalkan pelayanan konvensional yang sarat dengan antrean panjang, lama dan berbelit-belit. Untuk itu, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib melahirkan ide kreatif, inovasi atau terobosan dalam pelayanan publik.

Pesan itu disampaikan Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno saat membuka Pelatihan Teknis Reformasi Birokrasi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Selasa (9/07/2019).

“Saya meminta di dalam pelatihan ini peserta mampu memberi kontribusi yang signifikan dalam perbaikan efisiensi dan efektivitas birokrasi kita, yang akhirnya dapat menjadi pemicu bagi pertumbuhan ekonomi,” ujar Irwan.

Irwan mengatakan, reformasi birokrasi bukan sekedar kebutuhan, tetapi reformasi birokrasi sudah menjadi tuntutan dari segenap elemen masyarakat yang mengharapkan agar birokrasi dan aparatur dapat berkualitas lebih baik lagi.

BACA JUGA  Lantamal II dan Perdami Kerjasama  Beri Pemeriksaan dan Kacamata Gratis Terhadap Masyarakat Gates 

“Pelayanan publik harus berjalan baik, struktur birokrasinya jangan sampai berbelit-belit yang praktis, ringkas, cepat merespon keluhan masyarakat, tidak adalagi pengurusan dari meja ke meja, berhari-hari, bahkan sampai berbulan- bulan, urusan cukup sampai satu hari saja,” pinta Irwan.

“Dengan adanya pelatihan ini para ASN menjadi ujung tombak dari reformasi birokrasi dalam pelayanan publik, apalagi pelayananan publik dari pemerintah sangat dibutuhkan saat ini,” ucap Irwan.

Masyarakat betul-betul mengharapkan kontribusi dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pelaksanaan kebijakan-kebijakannya secara efektif, efisien, profesional dan berintegritas sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat luas, seluruh instansi pemerintah harus merubah mindset dan mulai melakukan berbagai program pengelolaan pemerintah.

BACA JUGA  Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi Serahkan Jabatan Wadanlantamal Kepada Danlantamal II 

“Pada jaman orde lama para pejabat maunya minta dilayani, dihargai dan maunya dihormati, tetapi jaman reformasi birokrasi terbalik pejabat yang harus melayani masyarakat termasuk semua ASN nya,” kata Irwan.

Comment