Budaya

Anak Nagari Bakal Aktifkan BMPN, Beberapa Balon Ketua Mulai Mengapung

189
×

Anak Nagari Bakal Aktifkan BMPN, Beberapa Balon Ketua Mulai Mengapung

Sebarkan artikel ini
BEREMBUK-Beberapa tokoh anak Nagari Pauh IX Kuranji Padang berembuk rencana mengaktifkan kembali Organ BMPN yang sudah mati suri.IST

PADANG-Pasca Pileg April 2019 ini, anak Nagari Pauh IX Kuranji kembali merapatkan barisan. Kapa lalu kiambang batawiek, sehingga beberapa anak nagari kembali bersialturahmi berbenah untuk meramaikan nagari dalam kehidupan berorganisasi nagari.

Hal ini menyusul anak Nagari Pauh IX kembali menghidupkan kembali organisasi nagari (Organ) Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kuranji yang lama mati suri. Walaupun, masih segar di ingatan anak nagari, Organ BMPN ini terakhir dilomandoi Damri dengan sekretarisnya Zaharman.

Kini Organ ini kembali disebut sebut anak nagari bakal diaktifkan kembali sebagai ajang regenerasi anak nagari dalam berproses membangun nagari. “Idealnya, Organ ini perlu diaktifkan kembali setelah cukup lama mati suri,” ujar Martias Sarjanny, salah seorang anak Nagari dari Tapian Pasa Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumbar, Selasa (9/7/2019).

BACA JUGA  IKKA Keluarga Kacang Terus Merajut Kebersamaan di Kota Padang

Dukatakan, BMPN ini merupakan organisasi nagari yang sebelumnya cukup strategis dalam nagari untuk merumuskan pembangunan nagari. Maka cukup disayangkan juga kalau Organ ini dibiarkan mati begitu saja. Padahal, Organ ini juga sebagai proses regenerasi anak nagari dari Organ F-KAN ke BMPN. Kemudian, wadah bagi anak Nagari yang mau menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam membangun nagari.

Hal senada juga disampaikan pemerhati budaya Nagari, Zul Akmal Naro Rj Jambi, sayang juga rasanya kalau Organ ini dibiarkan mati begitu saja. Padahal Organ cukup positif di dalam Nagari Pauh IX Kuranji. “Bahkan, sebelumnya Organ ini cukup positif dalam memberikan warna kentalnya rasa bermusyawarah dalam pembangunan nagari ini,” ujar Naro.

BACA JUGA  Sumbar Terima 21 Sertifikat Warisan Budaya tak Benda dan 2 Sertifikat Cagar Budaya Nasional

Bahkan, belakangan sudah disebut -sebut beberapa bakal calon kandidat yang cocok memimpin Organ BMPN ini. Beberapa balon kandidat itu merupakan tokoh anak nagari, yang cukup malang melintang di nagari di kawasan Papiko ini.

Diantaranya, Bustami Ketua Pemuda Katapiang, Yandri (anggota DPRD Padang terpilih), Hendri Yazid (Kemenag Padang) M Fikar (Kepala SMP Muhammadiyah 7 Padang) Indra Mairizal (Ketua LPM Gunung Sarik) dan Andri Yusran salah seorang jurnalis senior dari Pauh IX.

Comment