Umum

PPK-BLUD Penuhi Kebutuhan Pasar dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

244
×

PPK-BLUD Penuhi Kebutuhan Pasar dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Sebarkan artikel ini

PADANG — UPTD Laboratorium Kesehatan memilik peluang untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan memberikan pelayanan laboratorium dengan keuangan yang fleksibel dan efisien untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Untuk itu, Badan Pelayanan Umum Daerah (BLUD), perlu memiliki akses yang kuat dengan lokasi strategis dan mudah dijangkau dengan memiliki peralatan yang mutakhir, sehingga mampu bersaing dengan laboratorium swasta.,” ujar  Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, pada peresmian pola pengelolaan keuangan badan pelayanan umum daerah (PPK-BLUD) di UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar di Gunung Panggilun Padang, Rabu (26/6/2019).

Hadir dalam peresmian PPK-BLUD tersebut Kepala Dinas Kesehatan Sumbar dr. Hj. Merry Yuliesday, MARS, Kabid Perbendaharaan Bakeuda) Sumbar Refdiamond, Kepala BPKP perwakilan Sumbar, Direktur Bank Nagari dan para direktur rumah sakit pemerintah dan swasta.m

BACA JUGA  Komandan KRI Kurau - 856 Dikukuhkan di Dermaga Bungus Telkab

Irwan mengingatkan, kebijakan pemerintah mengenai BLU/BLUD bagi rumah sakit pemerintah dalam hal ini UPTD Laboratorium Kesehatan merupakan tonggak baru sebagai pendapatan daerah, termasuk sisi pengelolaan keuangan ke arah yang lebih baik.

“Pengelolaan keuangan yang baik adalah yang mampu menghasilkan ide, kreatif dan inovasi dalam mendorong peningkatan PAD Sumbar yang dilakukan berdasarkan transparansi, akuntabilitas dan dapat diaudit,” terang Irwan.

Dengan diterapkannya PPK-BLUD akan memberikan pengelolaan keuangan yang lebih fleksibel berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Diharapkan adanya peningkatan kemampuan secara teknis Sumber Daya Manusia pada Labkes dalam mengimplementasikan PPK-BLUD dan dampaknya dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat dengan adanya peningkatan pelayanan.

BACA JUGA  Di Tengah Pandemi Covid-19, Danlantamal II Padang Komit Laksanakan Tupoksi 

“Oleh sebab itu, sangat diharapkan kita terus bisa menciptakan inovasi yang baik dalam pelayanan publik, sehingga masyarakat lebih dimudahkan dalam berbagai urusan,” ucap Irwan .

Irwan berharap UPTD Laboratorium Kesehatan dapat mengatasi permasalahan yang ada demi terlaksananya pelayanan laboratorium yang optimal, mulai dari pemenuhan kebutuhan bahan kimia atau reagen, peralatan laboratorium yang terkalibrasi dan penyediaan pelayanan peralatan yang canggih yang memenuhi standar pelayanan laboratorium.

Comment