Ekonomi

Puluhan Tenaker Perempuan Dilatih Keterampilan Menjahit Lanjutan

235
×

Puluhan Tenaker Perempuan Dilatih Keterampilan Menjahit Lanjutan

Sebarkan artikel ini
KALUNGKAN-Kadisnakerin Padang Yunisman mengalungkan tanda peserta latihan kepada Eva Indra dari Kel Teluk Bayur Padang Selatan.

PADANG-Untuk menciptakan wirausaha baru di Kota Padang Sumbar, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) gelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri (PKM) menjahit di salah satu hotel di Kota Padang, Senin (17/6/2019). Pelatihan menjahit yang melibatkan 22 peserta ini dibuka Kadisnakerin Padang Yunisman.

“Diharapkan kepada semua peserta untuk serius mengikuti pelatihan yang dilaksanakan lima hari (17-21 Juni). Pelatihan angkatan kedua ini bakal dimagangkan selama dua hari,” ujar Kadisnakerin Padang Yunisman didampingi Kabid Penta Lattas.

Dikatakan Yunisman, pelatihan ini untuk memotivasi keinginan berusaha sehingga terciptalah, wirausaha baru..Langkah ini untuk meningkatkan perekonomian dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sasaran pelatihan ini merupakan peserta yang telah pernah dilatih pelatihan menjahit dasar, seehingga ini pelatihan lanjutan bagi peserta, yang berasal dari kelompok Modiste Anggrek 18.

BACA JUGA  Penghuni Gubuk Terenyuh Terima Bantuan Sembako Baznas Padang

Pemerintah melalui Disnakerin selaku Pembina mengajak dan menghimbau seluruh elemen yang terlibat dalam proses penyiapan calon wirausaha baru ini dalam memberikan motivasi dan stimulan untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja khususnya di Kota Padang, dapat membuat terobosan-terobosan yang cerdas, inovatif dan terintegrasi dalam memanfaatkan peluang kesempatan kerja yang ada, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Padang.

Pada tahun 2018 sebanyak 13.506 orang pencari kerja yang terdaftar pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang, sebagian besar adalah tamatan SLTA dan sarjana yaitu laki – laki 6.094 orang perempuan 7.412 orang sementara yang bisa disalurkan hanya 1.172 orang yaitu laki – laki 498 orang dan perempuan 674 orang.
Kota Padang juga menghadapi persoalan pengangguran yang cukup pelik, berdasarkan data satkernas agustus 2018, tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2018 sebesar 39.844 orang atau 9,22 persen (hasil proyeksi ).

BACA JUGA  Freddo Syukri Pimpin Kepengurusan FKKSPG Periode 2024-2027

Dan setiap selesainya Ujian Nasional siswa SLTA di Kota Padang menghasilkan lulusan lebih dari 30.000 orang menjadi permasalahan yang baru bagi dunia ketenagakerjaan khususnya penyiapan kompetensi calon tenaga kerja untuk kebutuhan pasar kerja.

Comment