Nasional

Diresmikan Nasrul Abit, Hanya 2,5 Bulan Jembatan Kayu Tanam Selesai Dikerjakan

199
×

Diresmikan Nasrul Abit, Hanya 2,5 Bulan Jembatan Kayu Tanam Selesai Dikerjakan

Sebarkan artikel ini
WakilGubernur Sumbar, Nasrul Abit didampingi Kepala BPJN III Padang, Aidil Fiqri dan Wabup Padang Pariaman Suhatri Bur saat meresmikan pemanfaatan Jembatan Permanen Sungai Kalu, Kayu Tanam, Padang Pariaman.ist

PADANG – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit secara meresmikan pemanfaatan pertama Jembatan Sungai Kalu, Kayut Tanam Padang Pariaman pascaputus akibat banjir. Jembatan itu nantinya dapat dimanfaatkan hingga selanjutnya setelah pembukaan tersebut.

“Syukurlah, Jembatan Batang Kalu, sudah selesai, lalulintas bisa lancar kembali. Ini sangat kita mengawatirkan sebelumnya. Jika tidak selesai maka macetnya luar biasa. Ternyata sisa diselesaikan dalam wkatu 2,5 bulan. Kita sangat berterima kasih,”sebut Nasrul, Kamis (30/05/2019).

Saat peresmian itu, masih dalam pengerjaan pengaspalan lantai jembatan. Namun, pekerjaan itu dapat diselesaikan dalam hitungan satu hari saja.

“Ini karena alat rusak saja, sebenarnya tadi malam sudah selesai. Lebaran tidak ada lagi kemacetan di Sungai Kalu, apalagi jembatan alternatif tetap difungsikan. Tapi kita yakin lalulintas di Sumbar akan ramai lancar, karena ada peningkatakan pemudik sekitar 30-40 persen,”ujarnya.

BACA JUGA  Peringatan Hari Jadi  TNI AL TNI Lantamal II Dilaksnakan Secara Sederhana 

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) III Padang, Aidil Fiqri mengatakan, jembatan dengan panjang 30 meter dan lebar 10 meter tersebut dapat diselesaikan dengan cepat karena, mekanisme melalui penunjukan langsung. Dengan itu, Kementrian Pekerjaan Umum dapat menunjukan rekanan yang benar-benar diseleksi ketat.

“Kita all out, ada pekerjaan yang dilakukan di luar, dikerjakan. Berhenti hanya karena hujan. Sudah bisa dilewati, setelah digunakan nanti tidak akan ditutupkan lagi. Karena yang belum selesai dapat dikerjakan sambil jalan,”ungkap.

Menurutnya, pengerjaan jembatan permanen tersebut bisa saja dilakukan lebih cepat. Karena sempat ada kendala pada administrasi akhirnya sedikit kendala.

“Tapi dalam 2,5 bulan ini sudah cukup cepat dalam mengerjakan jembatan permanen. Karena biasanya jika dalam keadaan normal pembangunan bisa 6 bulan sampai satu tahun,”ungkapnya. (bdr)

BACA JUGA  Pemkab Tanah Datar Terima LHP Kepatuhan Belanja Daerah 2023 dari BPK Sumbar

Comment