Olahraga

ISORI dan Kormi Teken MoU, Syahrial Bakhtiar: Wujudkan Indonesia Bugar 2045

117
×

ISORI dan Kormi Teken MoU, Syahrial Bakhtiar: Wujudkan Indonesia Bugar 2045

Sebarkan artikel ini

PADANG – Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) teken nota kesepahaman (MoU) dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) di Aula Kementerian Koordinator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Jakarta, Sabtu (18/5/2024). MoU bernomor: 27/KP/PP-ISORI/V/2024 ini dilakukan antara Ketua ISORI Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd. CISTI dengan Ketua Kormi Hayono Isman.

Bahkan, MoU antara ISORI dengan Kormi ini disaksikan Menko PMK RI Muhadjir Effendi. “Penandatanganan MoU tentang peningkatan kualitas program Bugar 2045 ini bertujuan memasyarakatkan, membina, mengembangkan serta meningkatkan mutu olahraga masyarakat, olahraga Pendidikan dan olahraga prestasi dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana utamanya, “ujar Ketua ISORI Prof Syahrial Bakhtiar, kemarin.

MoU dilatarbelakangi PP No: 86 /2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ditargetkan Indonesia 2045 atau disaat Indonesia berusia 100 tahun kemerdekaan 70 persen masyarakat Indonesia dalam keadaan bugar.

Bahwa target 70 persen Indonesia Bugar 2045 memiliki sejumlah implikasi strategis yakni menurunnya beban biaya kesehatan yang ditanggung APBN, meningkatkan rasio harapan hidup (life expectacy) dan tumbuh kembangnya generasi atlit Indonesia.
Bahwa dalam mendukung pencapaian Indonesia Bugar 2045 maka di prediksi perencanaaan yang sistimatik, terukur dan komprehensif.

Kedua pihak sepakat dari sisi tehnis operasional Peta Jalan (Road Map) Indonesia Bugar 2045 termasuk peran serta para pemangku kepentingan baik pemerintah dan dunia usaha sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Dan sepakat dari sisi kebijakan diperlukan dasar hukum yang lebih spesifik berupa PP tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Indonesia Bugar 2045.

BACA JUGA  KONI Padang Gelar Bukber dan Syukuran, Yusra Harapkan Lahirkan Kondisi Baru

Sedangkan, mekanisme kerjanya
keduanya sepakat membentuk Kelompok Kerja (Working Group) Indonesia Bugar 2045. Bahwa tugas pokok dari Kelompok Kerja adalah dalam merumuskan sasaran. Kemudian melibatkan dunia usaha terkait berdasarkan syarat dan ketentuan yang disepakati.

Comment