Pendidikan

Ujian Praktek SNB Siswa MTsN 5 Padang Dibungkus dalam Bingkai Pentas Seni 

50
×

Ujian Praktek SNB Siswa MTsN 5 Padang Dibungkus dalam Bingkai Pentas Seni 

Sebarkan artikel ini

PADANG – MTsN 5 Kota Padang selenggarakan ujian praktik Mata Pelajaran Seni Budaya dengan cara yang unik dan meriah, yakni mengusung tema” Aktualisasi Mata Pelajaran Seni Budaya Dalam Pagelaran Seni Membumi dan Kreatifitas Budaya yang Melangit”.

Pelaksanaan ujian praktik ini tidak hanya berjalan dengan lancar, tetapi juga menjadi sorotan karena dibingkai dalam sebuah pentas seni tari yang memukau, ditampilkan di lapangan upacara madrasah dan disaksikan seluruh siswa dan guru, Selasa (7/5/2024).

Siswa MTsN 5 Padang menampilkan kebolehan menarinya dalam acara pentas seni

Para siswa kelas 9 yang mengikuti ujian praktik mempersembahkan berbagai macam tari secara berkelompok, mulai dari tari tradisional hingga tari modern.

Rahmi Arfiyanti, salah seorang guru Seni dan Budaya MTsN 5 Padang dalam kesempatan itu menjelaskan, mereka memilih variasi tari ini agar siswa dapat memahami dan menghargai kekayaan budaya tradisional sambil juga menggali kreativitas dalam tari modern.

BACA JUGA  Wujudkan Pembelajaran yang Menarik, Kamad Isrizal Gelar Supervisi Pendidikan

“Beberapa pekan lalu, kami memberikan kesempatan kepada seluruh siswa kelas IX untuk berlatih menari selama jam pelajaran Seni Budaya,” ungkap Rahmi.

Kata Rahmi, para siswa dinilai berdasarkan beberapa kriteria, termasuk kefasihan gerak, kesesuaian gerak dengan musik, harmonisasi gerak dan musik, serta kesesuaian kostum.

“Ada beberapa kriteria yang kami nilai yaitu wirama, wiraga, dan wirasa. Wirama adalah keterampilan gerak dan motorik. Wiraga adalah ketepatan gerak dengan nada atau tempo lagu. Wirasa adalah harmonisasi wirama dan wiraga dan juga kesesuaian kostum” tuturnya.

Kepala MTsN 5 Padang, Noprizal megapresiasi guru pembimbing dan seluruh siswa kelas IX atas penampilan yang luar biasa.Harapannya, kegiatan seperti ini dapat mendorong semangat dan menjadi inspirasi bagi peserta didik di masa mendatang.

BACA JUGA  Peringati Sumpah Pemuda, Semen Padang Serahkan Beasiswa kepada 82 Anak Karyawan Berprestasi

“Terimakasih kepada seluruh peserta didik yang telah menunjukkan aksinya di panggung ini insyaallah dengan ide-ide kreatif seperti ini dapat menumbuhkan semangat dan dapat menjadi model bagi peserta didik yang lain di tahun-tahun berikutnya”. ungkap Noprizal.

Comment