Ekonomi

Layani Padang-Lubuk Alung, Pemprov Sumbar Bakal Dirikan Angkutan Trans Minang

598
×

Layani Padang-Lubuk Alung, Pemprov Sumbar Bakal Dirikan Angkutan Trans Minang

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani.Ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pertimbangkan membentuk perusahaan daerah (Perusda) untuk angkutan orang. Perusahaan tersebut bergerak di bidang transportasi.

“Ini baru rencana, angkutan untuk melayani penumpang Padang-Lubuk Alung, Padang- Pariaman,”sebut Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani, Selasa (6/2/2024).

Dikatakannya, rencana tersebut masih dalam kajian dari Pemprov Sumbar melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balintbang) Sumbar. Pengkajian tersebut apakah usaha tersebut perlu dibentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru, atau menambah usaha BUMD yang sudah ada saja.

“Sekarang masih dikaji. Apakah nanti dibuatkan BUMD baru, atau bisa dikeluarkan izin dari BUMD yang sudah ada,”ujarnya.

Diungkapkannya, rencana pembukaan usaha angkutan tersebut merujuk pada pelayanan angkutan Trans Padang di Kota Padang. Sedangkan Pemprov Sumbar akan menggunakan nama Trans Minang.

BACA JUGA  Bangun Pasaman, Nasrul Abit Akan Sejalan dengan Benny Utama

“Namanya Trans Minang. Nanti akan melayani angkutan seperti Koperasi Usaha Angkutan Lubuk Alung (Kuala) yang sebelumnya melayani trayek Padang-Lubuk Alung,”ungkapnya.

Dengan adanya angkutan itu, maka transportasi Padang Lubuk Alung dan Kota Pariaman menjadi lebih banyak dan rutin. “Ini juga bagian menunjang Kota Padang menjadi Kota Metropolitan nantinya,”ulasnya.

Diketahui, Pemprov Sumbar saat ini hanya memiliki tiga BUMD, yakni Grafika, Jamkrida dan Balairung.(Bdr)

Comment