Sumatera Barat

Kesiapsiagaan Bencana di Pasbar Didukung Relawan Terlatih

2367
×

Kesiapsiagaan Bencana di Pasbar Didukung Relawan Terlatih

Sebarkan artikel ini

 

PASBAR — Kabupaten Pasaman Barat sudah punya Tim Relawan Mitigasi Bencana setelah diadakan Pelatihan Mitigasi Bencana 15-17 November 2023 lalu. Pada penutupan pelatihan yang berlangsung Jumat (17/11/2023) di Aula Bung Hatta Hotel Novotel Bukittinggi sebanyak seratusan relawan itu dikukuhkan langsung Kalaksa BPBD Sumbar, Dr Ir Rudi Rinaldi.

Pengukuhan relawan itu disaksikan Anggota DPRD Sumbar Dapil IV Sumbar (Pasaman dan Pasbar), Zulkenedi Said, yang memfasilitasi pelatihan tersebut melalui dana pokok-pokok pikirannya (Pokir) pada APBD Sumbar 2023. Hal itu disampaikan Zulkenedi Said kepada wartawan media ini, Rabu (22/11/2023).

Zulkenedi Said, yang juga Ketua Komisi IV DPRD Sumbar pada kesempatan itu menjelaskan bahwa Pelatihan Mitigasi Bencana dari Dana POkirnya melalui APBD Sumbar 2023 telah berjalan dengan baik dan lancar, agar tidak hanya menghasilkan pemahaman dan pengetahuan saja kepada seratusan peserta, tetapi selesai pelatihan dibentuk dan dikukuhkan menjadi Tim Relawan Mitigasi Bencana Pasbar.

BACA JUGA  Pemprov Sumbar Fokus Pemulihan Sektor Kesehatan dan Infrastruktur Pascabencana Pessel dan Padang Pariaman

“Jadi, pengukuhan tim relawan ini adalah salah satu bentuk kepedulian kami kepada masyarakat Pasbar, khususnya dalam menangani bencana. Dengan adanya pelatihan tersebut para Relawan siap siaga menjadi Petugas Relawan di Pasaman Barat,” ujarnya.

Menurut Zulkenedi Said, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumbar itu, daerah Pasaman Barat setelah Gempa Bumi 25 Februari 2022 yang lalu merupakan termasuk daerah Rawan Bencana Gempa Bumi. Ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang di dapat relawan selama pelatihan di Bukittingi diharapkan dapat membantu dan mengedukasi masyarakat di tempat tinggalnya masing-masing.

Karena para Relawan telah mengetahui secara dini hal-hal yang berkaitan dengan masalah kegempaan dan bencana alam dan juga mengetahui dan memahami tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan bila terjadi bencana ataupun sekalipun musibah yang tidak kita kehendaki. (drd)

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumbar Sebut Peranan Relawan Kemanusiaan Tidak Perlu Diragukan

Comment