Sumatera Barat

Terbaik di Luar Jawa, Sumbar Provinsi Terinovasi Dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan

298
×

Terbaik di Luar Jawa, Sumbar Provinsi Terinovasi Dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan

Sebarkan artikel ini
Sekdaprov Sumbar menerima penghargaan provinsi terinovasi dalam pengembangan EBT dari As Natio Lasman, anggota DEN.Ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) kembali berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional. Terbaru, pengakuan tersebut diberikan oleh Dewan Energi Nasional (DEN) RI dalam kegiatan Energy Transition Conference & Exhibition (ETCE) 2023 di Assembly Birawa, Hotel Bidakara Jakarta. Jum’at malam (20/10/2023).

Sumbar ditetapkan oleh DEN sebagai juara 3 kategori daerah yang memiliki inovasi terbaik dalam pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di tingkat nasional 2023. Juara 2 diraih Jawa Barat dan juara 1 diraih Jawa Timur. Dengan posisi itu, menempatkan Sumbar menjadi provinsi terbaik di luar Jawa dari inovasi energi baru terbarukan.

Penghargaan diserahkan oleh As Natio Lasman selaku anggota DEN itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri yang hadir mewakili Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

BACA JUGA  Wagub Sumbar Audy Joinaldy Pimpin Upacara Hardiknas dan Hari Otda XXVIII di Sumbar

Usai menerima penghargaan, Sekdaprov Sumbar mengatakan ini adalah kali kedua Pemprov Sumbar menerima penghargaan tingkat nasional dari DEN terkait energi terbarukan. Menurutnya, itu merupakan bukti keseriusan Sumbar dalam mendukung program nasional untuk mewujudkan ketahanan energi di Indonesia.

“Kita di Sumbar, sangat serius dalam mendorong percepatan transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) di 2060. Buktinya, Sumbar telah 2 kali berturut-turut mendapat penghargaan dari DEN,” ucap Sekda Prov. Sumbar, Hansastri.

Diuraikannya, pada 2022 lalu, ketika ajang penganugerahan ini pertama kali digelar. Sumbar meraih penghargaan sebagai juara 2 karena dinilai DEN sebagai daerah yang berhasil dalam pengimplementasian Perda tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi (Perda RUED-P). Khususnya untuk penggunaan EBT dan Tahun 2023 ini, Sumbar kembali berhasil mendapat pengakuan dari DEN atas inovasi yang dilakukannya dalam pengembangan energi terbarukan di daerah.

BACA JUGA  Ketua DPRD Supardi Sebut Peristiwa Situjuh Bukti Jiwa Patriot Masyarakat Sumbar

Keberhasilan tersebut, sambung Hansastri, tentu tidak terlepas dari peran dan dukungan banyak pihak. Karena memang, dalam menjalankan roda pembangunan, Pemprov Sumbar selalu mengedepankan pola kolaborasi.

Comment