Kota Padang

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Hendri Septa: Penghormatan pada Para Pejuang G 30 S PKI 

330
×

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Hendri Septa: Penghormatan pada Para Pejuang G 30 S PKI 

Sebarkan artikel ini

PADANG – Pemko Padang gelar upacara peringatan Hari Kesaktian Panvasila 2023 di Balaikota Aie Pacah, Minggu (1/10/2023). Upacara peringatan Hari Pancasila 2023 mengusung tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju ini dipimpin langsung Walikota Hendri Septa.

Dalam kesempatan tersebut, Hendri Septa juga memberikan reward kepada Fathbiyu Annafi Aira, siswa kelas 3 SMPN 3 Padang, yang fasih dan lancar membacakan pembukaan UUD 1945, .tanpa teks.

“Hari Kesaktian Pancasila diperingati tiap tanggal 1 Oktober. Tahun ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 bertepatan dengan Minggu, 1 Oktober 2023,” ujar wako.

Dikatakan, Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI.
Biasanya, ada tema yang diusung dalam peringatan hari penting nasional satu ini.
Tema Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”. Tema tersebut berbeda dengan yang diusung pada 2022. Di tahun sebelumnya, tema upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah “Bangkit Bergerak bersama Pancasila”.

BACA JUGA  Pelanggan Diminta Stok Air, Pemadaman Listrik Ganggu Pasokan Air Bersih Perumda AM Kota Padang

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan momentum bagi kita untuk selalu mawas diri, agar tidak memberikan celah kepada paham-paham radikal atau pun paham-paham lainnya yang dapat merusak ideologi Pancasila,” ucap Wako.

Hendri Septa menambahkan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga merupakan penghormatan kepada para pejuang yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI.

“Kita sama-sama ketahui tepatnya 30 September 1965 yang lalu negara kita, pancasila kita sempat dirongrong oleh paham yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila. Akibat itu pemimpin dan masyarakat kita ada yang menjadi korban. Peringatan ini merupakan bentuk penghargaan kita kepada para pahlawan sekaligus ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT,” ujar Wako.(drd)

BACA JUGA  Ramadhan 1445 H, BRI Regional Office Padang Tebar 1670 Paket Sembako

 

Comment