Politik

Jelang Pemilu, Perekaman Data KTP el di Sumbar Capai 98,34 Persen

416
×

Jelang Pemilu, Perekaman Data KTP el di Sumbar Capai 98,34 Persen

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023, di Auditorium Istana Gubernur Sumbar, Rabu (6/9/2023).Ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat gencarkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el), terutama menjelang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Sekarang perekaman KTP Elektronik di Sumbar saat ini sudah mencapai 98,34 persen. Pun begitu, Pemprov Sumbar tetap meningkatkan kualitas dan kuantitas perekaman.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023, di Auditorium Istana Gubernur Sumbar, Rabu (6/9/2023).

Hadir Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Teguh Setyabudi dan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Handayani Ningrum.

“Ketidakjelasan data berpotensi memunculkan ketidakjelasan dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Oleh karena itu, Pemprov Sumbar terus memaksimalkan pendataan kependudukan, terutama sekali perekaman data pemilih pemula,” ucapnya.

BACA JUGA  Warga Palak Aneh Pariaman Akui 'Lakek Tangan' Nasrul Abit-Indra Catri

Guna meningkatkan pelayanan dan pendataan dukcapil. Pemprov Sumbar bersama kabupaten/kota terus bersinergi meningkatkan kuantitas dan kualitas data dukcapil.

“Sumbar kerap menjadi yang terbaik di tingkat nasional dalam penilaian dukcapil. Ini tentu berkat bantuan Pemda Kabupaten/Kota juga. Nah, sekarang menjelang Pemilu, maka waktunya bagi Sumbar untuk membuktikan secara konkrit penilaian itu memang pantas diterima, tentunya dengan ketersediaan data dukcapil yang lengkap untuk keperluan Pemilu,” tambah Mahyeldi.

Di sisi lain, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Teguh Setyabudi dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan Pemprov Sumbar dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dalam hal pendataan dukcapil. Terutama sekali, segala hal yang terkait dengan kebutuhan sarana dan prasarana serta penganggaran.

BACA JUGA  Tunjukan Semangat Muda, Faldo Maldini Sapa Masyarakat pada 8 Sampai 10 Titik Tiap Hari

“Data penduduk Sumbar Semester I tahun 2023 itu 5.701. 545 jiwa, dengan data perekaman KTP Elektronik sudah mencapai 4.026.664 jiwa (98,34%) dari total target 4.094.597 jiwa. Artinya, masih tersisa 67.933 jiwa lagi yang perlu dijangkau. Tentunya menjelang pelaksanaan Pemilu pada Februari 2024 nanti, penjangkauan ini sangat penting,” ucap Teguh.

Comment