Pendidikan

30 Peserta Didik dari Mentawai Ditempatkan pada Sekolah Favorit di Kota Padang

541
×

30 Peserta Didik dari Mentawai Ditempatkan pada Sekolah Favorit di Kota Padang

Sebarkan artikel ini
Kepada Bidang SMA Dinas Pendidikan Sumbar, Mahyan (tengah) memberikan pembekalan wawasan kebangsaan pada peserta didik ADEM dari Mentawai, Kamis (13/7/2023) di Padang.Ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pendidikan menempatkan 30 peserta didik SMA dan SMK dari Mentawai pada Sekolah favorit di Kota Padang.

Penempatan itu merupakan program bantuan pendidikan Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) 2023 untuk anak-anak daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

“Tadi kita berikan pembekalan wawasan kebangsaan pada anak-anak kita dari Mentawai. Program ini diharapkan mampu memeratakan kualitas pendidikan anak-anak kita di Sumbar,”sebut Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Sumbar, Mahyan usai memberikan pembekalan wawasan kebangsaan bagi siswa program ADEM, Kamis (13/7/2023) di Padang.

Ada 30 siswa/siswi yang difasilitasi. Mereka ditempatkan di tiga sekolah favorit di Kota Padang. Yaknis, SMA 1 Padang, SMA 3 Padang dan SMK 9 Padang.

BACA JUGA  Ustadz Tuanku Bandaro Sakti Kocok Perut Jamaah Masjid Baiturahim

Masing-masing sekolah ditempatkan 10 peserta didik. Mereka diharapkan mendapatkan pendidikan sama dengan kualitas pendidikan di Kota Padang.

Diketahui, program ADEM merupakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak tahun 2013. Untuk tahun ajaran 2023/2024 seleksinya dilangsung pada 22 Mei sampai dengan 9 Juni 2023.

Program tersebut, salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan dan keberpihakan kepada siswa/siswi jenjang SMP atau Madrasah Tsanawiyah dan sederajat yang berasal dari Wilayah Papua, daerah Khusus (daerah 3T), dan anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia.

Sedangkan, untuk Sumatera Barat adalah program Adem daerah Khusus. Penerima ADEM diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan jenjang menengah atas SMA/SMK yang berkualitas, serta dalam rangka akulturasi keragaman budaya di Indonesia.

BACA JUGA  Kepala MTsN 1 Padang Idra Putri Terima Piagam Penghargaan Terbaik dalam Realisasi Anggaran 

Siswa/siswi yang dimaksudkan berasal dari Wilayah Papua adalah peserta didik Orang Asli Papua (OAP) atau diterima dan diakui sebagai Orang Asli Papua oleh masyarakat adat Papua.

Sedangkan siswa/siswi yang dimaksud Daerah Khusus atau daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) adalah peserta didik yang berada di daerah perbatasan dan daerah 3T yang akan ditempatkan di sekolah yang berada di Ibukota Provinsi yang bersangkutan. Di Sumbar yang masuk daerah 3T adalah Kepulauan Mentawai.

Comment