Pendidikan

Soal PPDB, MKKS SMP Swasta Sayangkan Kebijakan Disdikbud Padang

889
×

Soal PPDB, MKKS SMP Swasta Sayangkan Kebijakan Disdikbud Padang

Sebarkan artikel ini

PADANG – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Kota Padang menyayangkan sikap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang yang akan duduk bersama sebelum dimulainya PPDB Online tingkat SMP dikota Padang dengan MKKS SMP Swasta Kota Padang.

Sebab, sebelum penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri dilaksanakan, Kadisdikbud akan duduk bersama dengan MKKS SMP Swasta Tapi, nyatanya cukup disayangkan, janji tersebut tidak pernah direalisasikan Kadisdikbud Kota Padang.

Ketua MKKS SMP Swasta M Fikar Dt Rajo Magek melakukan pertemuan dengan Kadisdikbud Padang Yopi Krislova di ruang kerjanya

“Tentu, kami dari sekolah SMP Swasta yang tergabung dalam MKKS SMP Swasta se Kota Padang menyayangkan sikap Disdikbud Kota Padang yang tidak merealisasikan janji,” ujar Ketua MKKS SMP Swasta se Kota Padang M Fikar Dt Rajo Magek SAg MM MPd, Jumat (7/7/2023).

BACA JUGA  Armaidi Luncurkan Buku “Tragedi Kanso, Trauma Etnisitas Cina di Pariaman 1945”

Diungkapkan Fikar, sebelumnya ditabuhnya PPDB Online, dengan kita duduk bersama diharapkan dalam penerimaan Siswa baru melibatkan SMP Swasta secara Online juga, di mana pilihan 1 dan 2 calon siswa (Casis) memilih SMP negeri. Kemudian, untuk pilihan 3 dan 4, Casis harus memilih sekolah SMP Swasta. Ternyata hingga kemarin PPDB Online sudah selesai, tapi masih penerimaan tahap II, melalui buka lokal baru (filial-red).

Di antaranya, SMPN 44 Padang filial dari SMPN 14 Padang dan SMPN 47 Padang filial dari SMPN 11 Padang. Artinya, dengan kebijakan Disdikbud ini mengakibatkan 58 unit SMP Swasta di Kota Padang terancam tidak mendapatkan peserta didik baru (siswa baru-red). “Kami MKKS SMP Swasta mengharapkan kebijakan dari Pemko Padang melalui Disdikbud untuk memperhatikan SMP Swasta, sebab sama sama mencerdaskan anak bangsa,” ucap Fikar.

BACA JUGA  Antisipasi Korona, Gubernur Sumbar Izinkan Bupati dan Walikota Liburkan Sekolah

Ditambahkan Fikar, selain penerimaan Casis baru melalui filial, Disdikbud juga melakukan penambahan siswa baru tahap kedua, sebayak 361 siswa di 28 unit SMP negeri. Langkah ini dilakukan Disdikbud dalam upaya pemenuhan siswa pada 28 SMP negeri.

Comment