BudayaEkonomiNasionalPariwisataPendidikanPeristiwaUmum

Produk UMKM Masyarakat Nagari Padang Gantiang Ramaikan Stand Festival Pesona Nagari Tuan Khadi

484
×

Produk UMKM Masyarakat Nagari Padang Gantiang Ramaikan Stand Festival Pesona Nagari Tuan Khadi

Sebarkan artikel ini

TANAHDATAR – Berbagai produk UMKM masyarakat Nagari Padang Ganting meramaikan stand yang ada di Event Festival Pesona Nagari Tuan Khadi di Lapangan Guguak Piliang Bukik Nagari Padang Gantiang, Sabtu (29/07/2023).
Event nagari yang digelar selama tiga hari di Padang Ganting ini diawali dengan membagikan sebanyak 3.200 buah Lopek Baisi (makanan khas nagari Padang Ganting) secara gratis kepada pengunjung yang hadir.
Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar mengatakan seluruh stand UMKM yang ada di Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi diisi oleh produk makanan, minuman, dan souvenir yang dibuat masyarakat Nagari Padang Ganting.
“Kita membuka pintu selebar-lebarnya untuk masyarakat yang ingin menampilkan produk UMKM-nya disini. Dapat kita lihat begitu banyak keberagaman produk UMKM di stand yang telah disediakan panitia,” ucap Marzal.
Ia menyebut selama penyelenggaraan acara akan menampilkan kreasi seni dari anak nagari.
“Cukup banyak kegiatan kesenian yang akan ditampilkan disini, tujuannya untuk mendorong kreatifitas anak muda Nagari Padang Ganting,” tutur Marzal.
Tokoh masyarakat Nagari Padang Ganting Musliar Kasim mengaku bangga dengan terselenggaranya Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi yang akan memberikan dampak positif ke nagari.
“Nagari Padang Ganting adalah daerah kebanggaan kita bersama, disini banyak lahir tokoh-tokoh besar, seperti Tuan Kadhi dan banyak lainnya. Melalui acara ini, kita bisa mengenalkannya kembali ke masyarakat luas, disamping promosi potensi wisatanya,” ucap Mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.
Musliar juga mengharapkan Pemkab Tanah Datar dapat menggelola potensi wisata yang ada di Nagari Padang Ganting secara baik, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.
“Acara ini sebagai langkah maju untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nagari. Kita berhatap potensi yang besar ini, dikelola lebih baik lagi,” ucap Mantan Rektor Universitas Andalas ini.

BACA JUGA  Batu Runcing, Indahnya Fenomena Alam dari 300 Juta Tahun Lalu

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan Nagari Padang Ganting memiliki cukup banyak potensi objek wisata seperti Makam Tuan Kadhi, Pemandian Air Panas, Batu Jajak Nabi dan Air Terjun Tujuh Tingkat (Aia Tajun Tujuah Tingkek).
“Melalui kegiatan ini, kita berharap potensi wisata di Nagari Padang Ganting dapat dikenal secara luas, sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Luhak Nan Tuo ini,” ucap Eka.
Eka menyebut tarian kolosal yang ditampilkan di Festival Pesona Nagari Tuan Khadi akan ditampilkan pada acara tahunan Pemkab Tanah Datar yaitu Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2023.
“Nagari Padang Ganting adalah penyelenggara ke enam Satu Nagari, Satu Event 2023. Insya Allah, tarian Kolasal yang telah kita saksikan bersama-sama tadi akan tampil di FPM tahun 2023,” ujar Eka.
Ikut menyaksikan event nagari ini, Ketua DPRD Tanah Datar Ronny Mulyadi, Forkopimda, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Istri Wakil Walikota Sawahlunto Neldasuwenti, pimpinan OPD, camat, wali nagari, ninik mamak, bundo kandung, dan tokoh masyarakat. (adi)

BACA JUGA  Ada Potensi 500 Ha Lahan Kosong Untuk Kaliandra di Salingka Danau Maninjau

Comment