Peristiwa

Api tak Terkendali, Dishut Sumbar Minta Bantuan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan

494
×

Api tak Terkendali, Dishut Sumbar Minta Bantuan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan

Sebarkan artikel ini
Kondisi lahan sawit terbakar di Silaut, Pesisir Selatan.Ist

PADANG – Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi Usama Putra mengatakan, untuk mengatasi kebakaran lahan tersebut pihaknya sudah berkomunikasi Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) wilayah Sumatera di Palembang.

Karena kesulitan menangani kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar), Dinas Kehutanan Sumbar membutuhkan tambahan personel.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Kepala balai tersebut dan meminta bantuan personel untuk pemadaman karhutla,” ujar Yozawardi.

Disebutkannya, setelah bekomunikasi, personel tambahan itu dijadwalkan besok atau Jumat (26/5/2023) sudah tiba di Padang dan langsung bergerak ke lokasi kebakaran.

“Semoga dengan tambahan personel ini, kabakaran bisa segera diatasi dan tidak semakin melebar,” ujarnya.

BACA JUGA  Tim PHH Lantamal II Pukul Mundur Ratusan Pendemo Tuntut Lepaskan Nelayan Tertangkap 

Dari laporan sementara Satgas Karhutla Dinas Kehutanan Sumbar, kebakaran lahan terus meluas hingga Kamis (25/5/2023) sore.

Kebakaran itu terjadi sejak Selasa (23/5/2023). Pada Rabu (24/5/2023) kebakaran juga terus meluas dan petugas kesulitan memadamkan api karena terkendala akses.
Dari catatan Dinas Kehutanan Sumbar, Kamis (25/5/2023) malam, total lahan kelapa sawit yang terbakar telah melebih 100 hektar.
Kawasan Lunang Silaut memang didominasi areal perkebunan sawit.(Bdr)

Comment