Budaya

Pengurus KAN Luki 2022 – 2027 Dikukuhkan, Ke Depan Tugas Ninik Mamak Makin Berat

264
×

Pengurus KAN Luki 2022 – 2027 Dikukuhkan, Ke Depan Tugas Ninik Mamak Makin Berat

Sebarkan artikel ini

PADANG – Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang periode 2022 – 2027 dikukuhkan, Rabu (24/8/2022). KAN Lubuk Kilangan yang dikomandoi Basri Dt Rajo Sali dikukuhkan Ketua Forum Komunikasi Karapatan Adat 9 Nagari Kota Padang Syofyan Dt Bijo SH di Gedung Serba Guna PT Semen Padang.

Direktur Operasi Perseroan di PT Semen Padang. Indrieffouny Indra mengharapkan kerja sama yang baik untuk lima tahun ke depan. “Walaupun produksi Semen Padang dipengaruhi akibat dampak dari Covid-19 dan perang Bosnia, namun setiap fana CSR akan diusahakan meningkat terus,” ujar Indrieffouny.

Walikota Padang Hendri Septa beri sambutan

Diakui Indrieffouny, belakangan produksi Semen Padang menurun karena bencana non alam pandemi Covid-19 dan perang Bosnia-Rusia. Akan tetapi setiap tahunya Semen Padang akan tetap meningkatkan dana Corporate Sosial Responsibility (CSR), yang merupakan dana masyarakat lingkungan.

BACA JUGA  Ketua LKAAM Sumbar jadi Pembina Upacara di Ponpes Shine Al Falah, Fauzi Bahar : Agama dan Adat  Benteng Generasi Muda

Ketua Forum Komunikasi Kerapatan Adat Sembilan Nagari (FKKA Sembilan Nagari) Kota Padang Syofyan Datuk Bijo SH mengatakan, ke depan setelah ada MoU Polri dengan LKAAM Sumbar terkait restoratif of Justice belakangan ini, maka kerja ninik mamak maupun ninik mamak yang menjadi pengurus KAN bukan berkurang tapi makin berat.

“Karena ke depan kasus Tipiring (kecil-red) akan diselesaikan secara adat, bukan lagi melalui hukum di pengadilan,” ucap Syofyan.

Semua ini tentu butuh dukumgan dari Pemko Padang perlu meningkatkan sarana dan prasarana kantor KAN maupun SDM pengurus KAN iru sendiri. Tentu Restoratif of Justice ini tentu akan diterapkan di seluruh KAN nagari yang ada di Sumbar. Higga sekarang juklak dan juknisnya disusun agar diosikaisikan di seluruh Nagari di Ranah Minang ini.

BACA JUGA  1.149 Qari dan Qariah Berlomba di MTQ Nasional ke-40 Tingkat Sumbar

“Selain itu ninik mamak juga perlu dukungan dana dari pemerintah, karena selama ini dana yang berasal dari ka Rimbo babungo kayu, ka lawiek babungo pasie, ka sawah babungo ampiang jo ka tambang babungo ameh sudah diambil alih pemerintah,” ujar Syofyan.

Comment