Nasional

Resmi, Pemprov Sumbar Usulkan Inyiak Canduang jadi Pahlawan Nasional

398
×

Resmi, Pemprov Sumbar Usulkan Inyiak Canduang jadi Pahlawan Nasional

Sebarkan artikel ini
Syekh Sulaiman Ar-Rasuli atau yang biasa disebut Inyiak Canduang.Ist

PADANG – Tahun ini Pemprov Sumbar mengusulkan Syekh Sulaiman Ar-Rasuli atau biasa disebut Inyiak Canduang, menjadi pahlawan nasional. Usulan tersebut sudah dikirimkan ke Kementrian Sosial untuk dipertimbangkan.

“Tahun ini hanya satu orang kita usulkan. Itu sesuai dengan arahan dari Kementrian Sosial, masing-masing provinsi hanya bisa mengusulkan satu nama,”sebut Kepala Dinas Sosial Sumbar, Arry Yuswandi Selasa (19/4/2022).

Petugas Dinas Sosial Sumbar menyerahkan dokumen pengusulan nama Syekh Sulaiman Ar-Rasuli menjadi pahlawan nasional di Kementrian Sosial.ist

Dikatakannya, permintaan itu karena selama ini banyak nama yang diusulkan. Sehingga pemerintah pusat membatasi hanya bisa diusulkan satu nama dalam setahun.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar mengusulkan nama Khatib Sulaiman untuk menjadi pahlawan nasional. Namun, nama itu gagal, karena masih ada persyaratan yang dianggap kurang.

BACA JUGA  Wasrik Berakhir, Jadikan Temuan Sebagai Motivasi Semangat Kerja ke Depan

“Jadi untuk nama Khatib Sulaiman kita lengkapi lagi persyaratannya,”ujarnya.

Semetara untuk Syekh Sulaiman Ar-Rasuli sudah lengkap persyaratan pengusulannya. Mulai dari seminar dan penelitian riwayat perjuangan.

Pengusulan tersebut melalui surat Dinas Sosial Sumbar menindaklanjuti surat Gubernur Mahyeldi tertanggal 25 Maret 2022. “Dari 10 persyaratan yang diberikan sudah kita lengkapi semua,”ujarnya.

Dengan persyaratan tersebut, Arry berharap pengusulan nama pahlawan nasional dari Sumbar ditetapkan presiden. “Kita optimis bisa ditetapkan, karena kontribusi Syekh Sulaiman Ar-Rasuli untuk kemerdekaan tidak dapat dipungkiri,”sebutnya.

Diketahui, syarat yang dipenuhi untuk pengusulan nama pahlawan nasional, terdiri dari Rekomendasi dari Pemerintah Daerah (Gubernur) dan Surat Pengantar dari Dinas Sosial Provinsi (secara berjenjang).

BACA JUGA  Ini Motif Wanita Disiram Air Keras oleh Suami Siri di Lintau Tanah Datar

Hasil sidang Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) tingkat Provinsi. Sebagaimana format laporan Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) kepada Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan
Riwayat hidup dan Perjuangan calon Pahlawan Nasional. Berisikan, Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Pendidikan, Tempat dan Tanggal Meninggal, Riwayat Perjuangan secara kronologis, Biografi calon Pahlawan Nasional yang diusulkan, Pendahuluan
Latar belakang berdasarkan pokok-pokok aktifitas situasi dan kondisi yang dihadapinya.

Comment