Ekonomi

Puluhan Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Kewirausahaan di Kota Bukittinggi 

91
×

Puluhan Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Kewirausahaan di Kota Bukittinggi 

Sebarkan artikel ini

PASBAR – Sebanyak 56 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar),  mengikuti pelatihan kewirausahaan ke Kota Bukittinngi. Pelatihan tersebut diselenggarakan  Dinas Koperasi dan UMKM i Sumbar bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Pasbar.

“Hari ini sebanyak 56 pelaku UMKM Pasbar, kita lepas untuk mengikuti pelatihan di Bukittinggi. Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” kata Staf Ahli Bupati Bidang Agama dan Kesejahteraan Sosial,Adrianto, saat melepes peserta pelatihan, Senin (4/9/2021)

Pelatihan ini dilakukan, katanya, guna memfasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan pengetahuan seputar kewirausahaan, agar pelaku UMKM semakin mandiri.

BACA JUGA  Ketua ISMI Sumbar Budi Syukur Langsung Salurkan Bantuan ke Pasbar

“UMKM merupakan benteng yang tangguh dan harus diberikan perhatian khusus. Untuk itu, pemerintah  memberikan perhatian dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi pelaku UMKM yang ada,”ucapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pasbar, Pahrein menjelaskan bahwa pelatihan diikuti oleh pelaku UMKM di seluruh kecamatan yang ada di Pasbar, mulai dari UMKM bidang kuliner, kerajinan, rajutan dan lain sebagainya.

“Pelatihan ini akan berlangsung selama 2 hari dan didanai oleh APBD Provinsi Sumbar,”ungkap Pahrein.

Peserta yang mengikuti pelatihan hari ini, lanjutnya,  sebelumnya sudah diberikan pelatihan oleh Pemerintah Daerah Pasbar. “Jadi pelatihan kali ini merupakan pelatihan tambahan dan khusus untuk memanagemenkan UMKM, agar dapat memandirikan UMKM Pasbar yang ada di Pasbar,”ungkapnya.

BACA JUGA  Menkop UKM Gelar Rakornis Bahas Bantuan Usaha Mikro yang Terdampak Bencana Gempa

Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat memberi pengaruh Positif bagi UMKM di Pasaman Barat. “Semoga dengan adanya pelatihan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar kepada pelaku UMKM Pasbar ini, bisa menjadikan pelaku UMKM lebih Mandiri dan memperoleh ilmu yang dapat membangun UMKM Pasbar lebih maju.(hnd)

Comment