Budaya

Hadiri Malewakan Gala, Mahyeldi Sebut Kapolresta Padang bisa Jadi Teladan Restoratif

196
×

Hadiri Malewakan Gala, Mahyeldi Sebut Kapolresta Padang bisa Jadi Teladan Restoratif

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi menghadiri malewakannya gala Dt. Rajo Nan Sati dari Suku Tanjuang Kota Padang kepada Kombes Pol Imran Amir, S.IK MH di gedung LKAAM Kota Padang, Sabtu, (18/9/2021).ist

PADANG – Gubernur Mahyeldi memberikan pujian pada Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, S.IK MH.

Bahkan, Mahyeldi berharap Kapolres menggunakan keadilan restoratif dalam penanganan kasus pidana di Kota Padang.

Hal itu disampaikannya, saat menghadiri malewakannya gala Dt. Rajo Nan Sati dari Suku Tanjuang Kota Padang kepada Kombes Pol Imran Amir, S.IK MH di gedung LKAAM Kota Padang, Sabtu, (18/9/2021).

“Dengan pelewaan gala ini, Kombes Pol Imran Amir Dt Rajo Nan Sati selain menjadi penegak hukum juga menjadi penghulu dari kaumnya,”kata Mahyeldi.

Menurutnya, dua peran ini sangat tepat dalam penerapan penyelesaian perkara pidana. Melalui keadilan restoratif seperti yang diatur dalam Surat Edaran Kapolri Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penerapan Keadilan Restoratif (Restorative Justice).

BACA JUGA  Gelar Goro Bersama, Ketua DPD LPM Irwan Basir: Mencerminkan Kebersamaan dalam Lingkungan 

Menurutnya polisi merupakan ujung tombak dalam penegakan hukum sementara penghulu harus menjadi teladan serta membimbing anak kemenakannya sesuai dengan nilai-nilai adat.

Perpaduan dua peran tersebut dalam sosok Kombes Pol Imran Amir Dt Rajo Nan Sati sangat selaras dengan semangat restorative justice sehingga bisa dijadikan contoh teladan bagi masyarakat umum, tidak hanya terbatas di dalam kaum.

“Kita berharap dengan dilewakan gala ini, beliau akan mampu bekerjasama dan bersinergi dalam membangun nagari,” katanya.

Menurutnya sebagai seorang penghulu ada empat larangan yang wajib untuk diperhatikan yaitu mamakai cabua yang sio sio, maninggakan sidiq dan tabliq, mahariak mahantam tanah dan tidak konsisten atau baliang-baliang diateh bukik.

BACA JUGA  Percepatan Kekebalan Komunal, BPKP Sumbar Gelar Vaksinasi untuk Keluarga Pegawai

Diakhir sambutanya Gubernur Mahyeldi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan acara malewakan gala tersebut dan mengucapkan selamat kepada Kompes Pol Imran Amir, S.IK.MH Datuak Rajo Nan Sati

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya ucapkan selamat kepada Kombes Pol Imran Amir,S.IK.MH Datuak Rajo Nan Sati yang telah dinobatkan sebagai penghulu di Suku Tanjuang,” katanya

Sementara itu Ketua LKAAM Sumbar M.Sayuti Dt Rajo Pangulu mengatakan pemberian gelar tersebut telah sesuai dengan aturan adat mulai dari awal hingga akhir.

Comment