Pendidikan

LKAAM Kuranji Beri Pencerahan Adat di Mushalla Al Hidayah Kampuang Baru

150
×

LKAAM Kuranji Beri Pencerahan Adat di Mushalla Al Hidayah Kampuang Baru

Sebarkan artikel ini

PADANG-Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pauh IX Kuranji Kota Padang menyambangi Mushalla Al Hidayah Kampuang Baru Pilakuik Sungai Sapih dalam kegiatan safari Ramadhan, Selasa (11/5 /2021).

Panitia Mushalla Al Hidayah Kampuang Baru Pilakuik Sei Sapih Zulhardi Udo mengatakan, terima kasih atas kehadiran rombongan Ketua LKAAM Pauh IX Kuranji Hendri Yazid Dt Rajo Diguci. Pengurus Mushalla ke depan akan meramaikan mushalla dengan kegiatan mengaji mulai dari SD, SMP dan SMA. “Kemudian, setiap bulan minimal akan dilaksanakan wirid pengajian,” ujar Udo.

Ketua LKAAM Pauh IX Kuranji Hendri Yazid Dt Rajo Diguci mengatakan, belakangan melihat nilai nilai adat di tengah tengah masyarakat mulai tergerus. Buktinya, seperti adat istiadi9at pakaian rumah saat baralek diletakkan di luar rumah. “Hal ini perlu dluruskan, seperti pakaian rumah terletak di luar rumah mengadopsi budaya orang Cina,” ujar Hendri.

BACA JUGA  Saat Kunker ke SMKN 3 Pariaman, Danlantamal II Tuntut Siswa Tunjukkan Kemampuan

Bahkan, mirisnya lagi anak anak sebagai anak kemenakan tidak mengetahui apa sukunya. Tidak iru saja, dalam tatanan sehari hari tehadap panggilan kepada ninik juga sudah bergeser, di mana kemenakan memanggil ninikmamaknya dengan om. Hal ini perlu diluruskan kembali oleh orangtua dan ninik mamak di lingkungan kaumnya.

“Untuk ini LKAAM Pauh IX Kuranji telah membuat nota kesepakatan (MoU) dengan KUA, soal sidang adat bagi anak kemenakan yang menjadi pemganten,” ujar Hendri.

Ditambahkan, peranan tugas pokok dan fungsi LKAAM dengan KAN (Karapatan Adat Nagari) jauh berbeda. Jika LKAAM Tupoksinya melakukan pembinaan dan pelestarian adat dan budaya Minangkabau dan Adat Basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Sedangkan, KAN mengurus sako dan pusako adat salingka nagari.

BACA JUGA  HGN 2020, MAN 3 Padang Bertabur Anugerah dan Penghargaan 

Dikatakan Hendri, selama Ramadhan 1442 H telah melaksanakan safari Ramadhan terhadap 8 mushalla dan masjid. Dan Mushalla Al Hidayah Kampuang Baru Pilakuik Sungai Sapih ini yang kedelapan. Dalam kesempatan itu LKAAM menyerahkan bantuan 20 kitab Al Quran. (rjk)

Comment