Peristiwa

Lanal Persiapan Mentawai Bersama SAR Gabungan Selamatkan 3 dari 4 Nelayan Dihantam Badai

228
×

Lanal Persiapan Mentawai Bersama SAR Gabungan Selamatkan 3 dari 4 Nelayan Dihantam Badai

Sebarkan artikel ini

PADANG – Lanal persiapan Mentawai di bawah jajaran Lantamal II Padang selamatkan 3 nelayan yang dihantam badai, Sabtu sore (22/12/2020). Nelayan tersebut berhasil diselamatkan Lanal Persiapan Mentawai dengan menurunkan Pratu Mar Angga, Minggu (13/12/2020).

Selain itu juga melibatkan Tim SAR gabungan lainya terdiri Badan SAR Mentawai, BPBD Mentawai, Polairud Polres Mentawai, Koramil Sikabaluan Mentawai dan unsur Sar dari masyarakat melakukan pencarian terhadap 4 perahu yang tenggelam di hantam gelombang besar.

Peristiwa tenggelamnya 4 perahu itu terjadi di perairan Sigapokna Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulaan Mentawai, Sabtu sore (12/12/2020), di mana 4 perahu tenggelam dihantam gelombang besar. Sehingga 4 perahu nelayan hilang ditelan badai dan masing masing perahu berisikan seorang nelayan.

BACA JUGA  Pemerintah Himbau Masyarakat Segera Lakukan Perekaman KTP-el

Tapi tiga nelayan dari 3 perahu berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Sedangkan 1 perahu dengan seorang nelayan masih dalam upaya pencarian dari tim SAR gabungan. Nalayan yang belum ditemukan itu atas nama Paneukan berumur 40 tahun.

Sedangkan, 3 nelayan yang berhasil diselamatkan tim SAR gabungan tersebut terdiri dari , Ade (30) , Cuatan (30) dan Mamai (30).

Sementara, Danlanal Persiapan Mentawai Letkol Laut (KH) Anis Munandar SSos MSi mengatakan, akhir akhir ini kondisi cuaca dengan gelombang laut yang cukup tinggi dan intensitas hujan yang disertai angin badai. Sehingga membahayakan bagi nelayan melaut maupun terhadap alat transportasi laut.

“Kami mehimbau kepada pengguna laut dan para nelayan selalu memperhatikan kondisi cuaca, jika cuaca tidak memungkinkan untuk melaut jangan melaut. Demikian Danlanal persiapan Mentawai menyampaikan,” ujar Munandar.

BACA JUGA  Meninggal Dunia, Gubernur Mahyeldi Lepas Sekretaris Pol PP Sumbar

Sementara untuk korban yang belum ditemukan, tim SAR gabungan akan melakukan pencarian besok pagi (hari ini Senin 14/12/2020) .

Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto SE. MM MSi (Han) memerintahkan Danlanal persiapan Mentawai agar mendukung penuh kegiatan SAR yang sedang dilaksanakan ini. “Segera laksanakan kerjasama yang baik selalu dengan berkoordinasi dengan Kepala SAR Mentawai dan unsur terkait sampai seorang korban tersebut itu ditemukan,” ujar Danlantamal II. (*/rjk)

Comment