BudayaEkonomi

Group Indang Kinari Solok Meriahkan Suasana Malam Minggu Medan Nan Bapaneh Pauh IX 

153
×

Group Indang Kinari Solok Meriahkan Suasana Malam Minggu Medan Nan Bapaneh Pauh IX 

Sebarkan artikel ini

PADANG – Group Kesenian Indang Tunas Muda Baringin Sakti, Kinari Kabupaten Solok ambil bagian dalam pertunjukan Pagelaran Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020, Sabtu malam (24/10/2020). Penampilan sanggar seni  ini merupakan penampilan ke-25 di Panggung Medan Nan Bapaneh KAN Kuranji-Padang.

Ketua Baringin Sakti Syahril Rajo Mudo mengatakan, group Indang ini berdiri tahun 2014 dan diisi oleh anak-anak seangkatan SLTP dan SLTA. Tujuannya, untuk menjauhkan anak generasi muda anak Nagari Kinari dari pengaruh penyakit masyarakat dan pergaulan bebas.

“Group Indang ini sudah pernah tampil di Kayu Aro, Singkarak. Bahkan juga pernah tampil di Jakarta atas undangan Kerukunan Warga Kinari,” ujar Syahril

BACA JUGA  Danlantamal II Padang jadi Narasumber Diklatda Hipmi Sumbar 

Syahril menambahkan, Group Indang Baringin Sakti juga pernah menjuarai berbagai perlombaan di Kabupaten Solok bahkan cukup ngetop di Solok.

“Mudah-mudahan dinas kebudyaan dan pariwisata bisa menghidiupkan segala kesenian yang ada di setiap nagari yang ada di Sumbar ini. Terakhir, kami mohon juga diperhatikan untuk biaya latihan atau pembinaan. Sebab, selama ini ketika latihan para guru-guru hanya panggilan jiwa untuk melatih dan tidak pernah dibayar sedikitpun,” Harap Syahril lagi.

Group kesenian Indang Tunas Muda Baringin Sakti diisi oleh anak-anak generasi muda laki-laki dan perempuan sebanyak 25 orang.

Bagusnya lagi, meskipun ditengah guyuran hujan, anak group kesenian Indang Tunas Muda tetap semangat dan antusias memainkan alat musik dan menampilkan unjuk kebolehannya dihadapan audience.

BACA JUGA  Ada Pemutihan Pajak di Sumbar, Menunggak Diatas 3 Tahun Cukup Bayar 2 Tahun

Dikatakan penanggung jawab kegiatan Erman Jamal, ST yang Juga Ketua IPSI Kuranji, pagelaran ini diadakan selama tiga bulan penuh, selama.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Dinas Pariwisata Sumbar ataa perhatian penuh dan selalu hasir mendampingi selama kegiatan. Juga, kepada anggota DPRD Sumbar Evi Yandri RJB atas kepeduliannya mengangkat pagelaran adat, seni dan budaya ini melalui dana pokirnya,” terang Erman yang juga Ketua Harian FKAN Pauh IX ini. (*/rjk)

Comment