Umum

Koperasi Syariah Warnai Pengukuhan Pengurus PD DMI Padang 2018-2023

252
×

Koperasi Syariah Warnai Pengukuhan Pengurus PD DMI Padang 2018-2023

Sebarkan artikel ini

PADANG–Pengurus Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumbar melantik pengurus PD DMI Padang yang digawangi H Maigus Nasir SPd (Ketua) dan M Fikar Dt Rajo Magek SAg MM MPd (sekretaris) di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang, Minggu (26/1/2020).

Selain itu pengurus PD DMI Padang periode 2018-2023, dilengkapi dengan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat). Lembaga otonom ini digawangi akademisi yang berkompeten di bidang dakwah, ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Hal itu dikatakan Maigus Nasir saat dikukuhkan sebagai Ketua PD DMI Padang di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang saat dikukuhkan Ketua PW DMI Sumbar, Duski Samad.

“Pusdiklat ini nantinya akan merumuskan strategi pembenahan dari semua sektor kehidupan. Mimpi kita, masjid sebagai pusat aktivitas keummatan, dalam menjawab seluruh persoalan,” ungkap Maigus Nasir usai pelantikan.

BACA JUGA  BMPN Pauh IX Bagi bagi Masker, M Fikar: Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Dijelaskan Maigus Nasir, Pusdiklat ini akan digawangi Dekan Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol, Wahidul Kohar yang akam fokus mengurus persoalan tabligh (dakwah), Dekan FEBI UIN Imam Bonjol, Ahmad Wira (pemberdayaan ekonomi) dan psikolog IAIN Batusangkar, Irman (sosial kemasyarakatan).

“Semangat pengurus serta struktur kelembagaan yang disusun periode ini, diharapkan bisa melahirkan sejarah baru bagi perkembangan 1.600-an masjid dan mushalla di Padang,” harap Maigus.

Dikatakan, agenda yang telah diancang-ancang pengurus untuk dibahas dan ditetapkan pada rapat kerja (Raker) nanti yakni terbentuknya kepengurusan Pimpinan Cabang DMI di 11 kecamatan di Padang hingga ranting (104 kelurahan) pada akhir Maret 2020 ini.

“Kami bertekad, menjadikan DMI sebagai organisasi milik ummat dengan berdirinya sebuah kantor. Saat ini, kantor DMI Padang masih menumpang. Ini membuat kami terkendala dalam melayani masyarakat terkait dinamika pengelolan masjid/mushalla,” terang Maigus.

BACA JUGA  Bantu Korban Longsor Agam, Sangkot Pimpin Relawan MDMC Aksi Bersih-bersih

Maigus juga mengungkapkan mimpi yang akan diwujudkan dalam kepengurusan periode keduanya ini. Pertama, membangun ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan ummat. Caranya dengan membentuk Koperasi DMI Syariah Makmur.

Comment