Budaya

Irwan Prayitno Baminantu,  Tradisi Babako Dimeriahkan dengan Babendi – bendi

498
×

Irwan Prayitno Baminantu,  Tradisi Babako Dimeriahkan dengan Babendi – bendi

Sebarkan artikel ini

PADANG — Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno  Datuak Rajo Bandaro Basa “Baralek Gadang”. Pasalnya, anak kelimanya bernama Atika, SE MMgt (HR)  resmi menikah bersama Naufal Muhammad, B. Eng (Hons) yang sebelumnya telah melaksanakan akad nikah di Auditorium gubernuran, Kota Padang, Sumatera Barat, kemaren Jumat (03/01).

Sesuai dengan adat Minangkabau, hari ini Sabtu (04/01/2020) rombongan “induak bako” atau saudara perempuan dari pihak ayah di Minangkabau berjalan sambil membawa persyaratan adat menuju rumah “anak pisang” atau anak dari saudara laki-laki ibu saat tadisi “BABAKO” di Sumbar. .

Tradisi “BABAKO” dimulai babendi-bendi (kereta kuda) dari Rumah Gadang Taratak Paneh, Korong Gadang, Kuranji dengan bararak-arak menuju gubernuran. Di Minangkabau biasanya dilakukan oleh “bako” untuk “anak pisang” yang sedang melaksanakan pernikahan dengan membawa berbagai macam persyaratan adat, diantaranya sirih dan carano, nasi kuning, singgang ayam dan berbagai macam makanan asli Minangkabau, perangkat busana serta perangkat perhiasan.

BACA JUGA  Mengenal Sumbang Duo Baleh dalam Budaya Minangkabau

Terlihat dalam prosesi turun bako ini, pasangan pengantin dijemput kalangan ibu-ibu dari keluarga sesuku Irwan Prayitno yang bagala Datuak Rajo Bandaro Basa yang membawa hantaran. Dan disambut Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit Datuak Malintang Panai dan para kepala OPD lingkungan Pemprov Sumbar.

Suasana pesta yang sungguh meriah, terpancar dari wajah kedua mempelai saat menyalami satu persatu para undangan yang hadir didampingi kedua orang tuanya.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga turut bahagia dengan pernikahan Atika dan Naufal dengan harapan kedua mempelai menjadi keluarga berbahagia yang Sakinah Mawadah Warohman (Samawa ).

“Kita doakan Atika dan Naufal selalu bahagia sepanjang hidupnya,

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

BACA JUGA  Batu Runcing, Indahnya Fenomena Alam dari 300 Juta Tahun Lalu

“Barakallahu laka, wa baraka ‘alaika, wa jama’a bainakuma fî khairin wa ‘afiyah,” ucap Wagub Nasrul Abit.

Semoga Allah SWT memberi berkah untuk pasangan Atika dan Naufal, membetikan kebahagian dan menyatukan berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah.

Comment