Umum

Gubernur Sumbar Serahkan Penghargaan Kepada Pemuda Pelopor Bangsa

225
×

Gubernur Sumbar Serahkan Penghargaan Kepada Pemuda Pelopor Bangsa

Sebarkan artikel ini

PADANG — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar upacara bendera untuk peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91 di halaman Kantor Gubernur, Senin (28/10/2019).

Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Dalam upacara ini, Inspektur Upacara Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI kepemudaan harus mampu berkiprah dan merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” kata gubernur membacakan sambutan Menpora.

BACA JUGA  Danlantamal II Gelar Kunjungan Silaturahmi dengan Perwakilan BI Sumbar 

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari ponografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam sambutan Menpora yang dibacakan Gubernur disampaikan bahwa makna dari tema yang diambil merupakan tuntutan bagi seluruh elemen bangsa termasuk para pemuda dalam mewujudkan persatuan untuk Indonesia yang lebih maju.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” ucapnya.

BACA JUGA  Danlantamal II Ikuti Taklimat Awal Wasrik Kinerja dari Ir Koarmada I 

Lebih dalam dikatakan bahwa generasi muda saat ini berpola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemudahan akses media sosial.

Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia.

Comment