Nasional

Aspotmar Kasal Sebut, Pembangunan Potensi Maritim dalam Perspektif Nasional Menuju Poros Maritim Dunia

115
×

Aspotmar Kasal Sebut, Pembangunan Potensi Maritim dalam Perspektif Nasional Menuju Poros Maritim Dunia

Sebarkan artikel ini

PADANG -Aspotmar Kasal jadi narasumber seminar Pembangunan Potensi Maritim dan Mitigasi Bencana di Andromeda Ballroom Hotel Grand Mercure Padang, Sabtu (06/09/19). Seminar sehari itu digelar mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

Seminar itu dihadiri berbagai kalangan ini, berjumlah sekitar 175 peserta yang terdiri dari DKP (Dinas Kelautan Perikanan) 8 orang dan Guru 75 orang. Kemudian Poltekpel (Politeknik Kepelautan) 31 orang, Pelajar 22 orang, Mahasiswa 9 orang, Pramuka Saka Bahari 15 orang dan dari TNI AL 15 orang.

Ada beberapa materi yang dikupas dalam seminar, di antaranya potensi budaya Maritim Indonesia dan Jalur Rempah Indonesia, serta materi yang di sampaikan oleh Mayor Jendral TNI (Mar) Bambang Suswantono SH. MH M Tr (Han) Pembangunan Potensi Maritim dalam Persfektif Pembangunan Nasional menuju Poros Maritim Dunia.

BACA JUGA  Perayaan Hari Armada di Lantamal II Padang Dilaksanakan Secara Virtual 

Ia sehari hari menjabat sebagai Asisten Pembinaan dan Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal. Pada materi ini banyak hal yang harus dipahami terutama oleh generasi muda, karena kita sudah terlalu lama memunggungi laut. Pada hal laut merupakan sumber dari kehidupan, sumber dari cadangan devisa yang mempunyai kekayaan yang tidak terhingga. Diharapkan generasi muda kedepan dengan dijadikan Indonesia menjadi poros Maritim dunia marilah kita jadi pemainya jangan hanya sebagai penonton selama ini.

Hal ini dilatarbelakangi kejayaan tempo dulu yang pernah diukir kerajaan di Nusantara diantaranya kerajaan Sriwijaya, Majapahit dan lainya, yang menguasai jalur laut bahkan sampai ke Madagaskar serta seluruh wilayah Asean sudah pasti. Dengan kebijakan Pemerintah saat ini negara kita Indonesia di jadikan poros Maritm Dunia. Harapanya generasi muda harus memahami kearah itu, sehingga rencana dan kebijakan pemerintah dapat terealisasi. (“/rjk)

BACA JUGA  Uang Belum Masuk ke Kas Daerah, Pelaksanaan Anggaran DAK Pemprov Sumbar Terkendala

Comment