Ekonomi

Peroleh Omset Rp8 Miliar/tahun, Kacang Atom GDR Habiskan hingga 1 Ton Kacang Tiap Hari

1159
×

Peroleh Omset Rp8 Miliar/tahun, Kacang Atom GDR Habiskan hingga 1 Ton Kacang Tiap Hari

Sebarkan artikel ini
alah satu aktivitas karyawan usaha kacang atom GDR pada pabriknya, di Kecamatan Ampek Koto Tuo, Panyalaian Tanah Datar.

BATUSANGKAR – Kacang atom merek GDR adalah satau Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sudah bertransformasi menjadi industri keccil (IKM) di Kabupaten Tanah Datar. Kacang yang dibuat di Ampek Koto Tuo Panyalaian, Tanah Datar ini manghabiskan kacang hingga 1 ton perhari.

Usaha kacang atom GDR tidak hanya berdampak bagi pemiliknya, bahkan juga bagi masyarakat disekitar pabrik. Karena usaha tersebut sudah mempekerjakan sekitar 35 orang tetap. Selain itu juga ada melibatkan tenaga kerja yang paruh waktu.

“Sejak produksi sudah meningkat, niat kami satu, kami menjadi berguna bagi orang lain,”sebut pemilik usaha kacang atom GDR, Kemrizal Sutan Rajo Mudo Selasa (25/6/2019).

BACA JUGA  Semen Padang Gandeng Sejumlah Pihak untuk Laksanakan Program TJSL 2024

Keberhasilan itu disampaikan Kemrizal saat menyambut tim fam tryp Dinas Koperasi dan UKM Sumbar.Tim ini juga didampingi rombongan dari Dinas Koperindah Kabupaten Tanah Datar. Dari Dinas Koperasi dan UKM Sumbar dihadiri Kasubag Tata Usaha, Yusra Ance.

Dikatakannya, untuk menjadikan usahanya terus berkembangan memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun, butuh perjuangan yang berat dan tetap fokus. Jika tidak tidak fokus akan sulit untuk mengembangkan usaha.

Meski sudah cukup kuat, Kemrizal juga tidak pelit membagi ilmu untuk mengembangkan usaha. Bahkan, dirinya selalu mengajak pelaku UKM di Tanah Datar untuk terus maju, sehingga berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

“Saya selalu pesan dengan kawan-kawan, buatlah regenerasi usaha, fokus dan terus komit dengan sistem manajeman,”sebutnya.

BACA JUGA  Tinjau Korban Longsor, Irwan Basir Dt Rj Alam: Dusanak Manangih, Kito Sabak

Selain itu, ayah empat anak ini menyarankan pelaku UKM jangan malas mengikuti pelatihan yang diberikan pemerintah. Karena dengan pelatihan itu banyak ilmu yang dapat diambil.

Upaya Kemrizal membangun usaha memang terbilang sukses. Setidaknya dengan produksi mencapai 1 tim kacang atom perhari, bisa memperoleh omset Rp8 miliar pertahunnya. Dengan itu, dia terus mengajak UKM lainnya untuk maju.

“Kebetulan saya memang fokus satu produk, pernah coba yang lain tapi membuat saya tidak fokus. Makanya saya fokuskan satu, kacang atom,”katanya.

Comment