Ekonomi

Wereng Menyerang, Petani Kuranji Gagal Panen

403
×

Wereng Menyerang, Petani Kuranji Gagal Panen

Sebarkan artikel ini

PADANG – Sejumlah petani di Kuranji Kota Padang mengalami gagal panen setelah tanaman padi mereka diserang hama wereng. Kondisi itu menyebabkan petani alami banyak kerugian.

“Serangan hama wereng ketika umur padi bakal berbuah. Bahkan, sebagian lahan pertanian padi petani diserang menjelang padi menguning,” ujar Oyom (45) salah seorang petani di Lolo Gunung Sarik Kuranji Jumat, (09/05/2019).

Dikatakan, serangan hama wereng ini memang tidak merata. Meski begitu, ada sehamparan lahan pertanian yang tidak beberapa jauh dari Kantor Lurah Gunung Sarik, akibar wereng tidak sedikitpun bisa dipanen. Jangankan kembali modal menggarapnya, dipanen saja tidak bisa.

“Balik modal saja tidak bisa”,ulasnya.

BACA JUGA  Sebanyak 42 Nagari/Desa di Sumbar Kembangkan Pertanian Organik

Namun, serangan hama wereng menyerang lahan pertanian yang menghampar di Kelurahan Sungai Sapih, seperti lahan yang berada di bagian timur RSUD Rasidin Padang. Namun, lahan pertanian yang yang berada di sekitar lahan terserang wereng itu juga berdampak dengan hasil panennya. Tak sedikit yang gagal panen.

Dengan demikian, petani mengharapkan Pemko Padang melalui SKPD terkait memberikan perhatian. Minimalnya, untuk musim tanam ke depan, petani yang gagal panen ini mendapatkan bantuan bibit maupun pupuk. (rjk)

Comment