Peristiwa

Idul Adha 1445 H 859 Ekor Sapi dan 60 Ekor Kambing Qurban di Bukittinggi

29
×

Idul Adha 1445 H 859 Ekor Sapi dan 60 Ekor Kambing Qurban di Bukittinggi

Sebarkan artikel ini
BUKITTINGGI – Pada lebaran Idul Adha 1445 H tahun ini, masyarakat mencatatkan penyembelihan 859 ekor sapi dan 60 ekor kambing sebagai qurban. Hal ini disampaikan oleh Walikota Bukittinggi, Erman Safar, dalam Upacaranya saat pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Al-Hanif Kodim 0304/Agam, Senin (17/06/2024).
Dalam pidatonya, Wako menyampaikan harapannya agar semangat berqurban dapat menginspirasi masyarakat untuk meningkatkan keimanan, kepedulian, serta kesholehan sosial.
“Momentum yang berharga ini mengajarkan kita tentang kesabaran, ketekunan, dan pengorbanan yang menjadi landasan dalam menjalani kehidupan yang penuh berkah,” ujarnya.
“Atas nama Pemerintah Kota Bukittinggi, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1445 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin,” tambahnya.
Sebelumnya, Pemerintah Kota Bukittinggi merencanakan kegiatan shalat Idul Adha di Lapangan Wirabraja. Namun akibat hujan deras, acara tersebut dipindahkan ke Masjid Al-Hanif yang berada di sekitar lokasi. Walikota Erman Safar, Wakil Walikota Marfendi, serta Forkopimda turut berbaur dengan jamaah lainnya.

Khatib Idul Adha 1445H, Jelita Donal, Lc. MA (Jel Fathullah), dalam khutbahnya menyampaikan bahwa Idul Adha bukan sekedar perayaan hari besar keagamaan.

BACA JUGA  Wagub Sumbar : Jangan Panik, Antisipasi Virus Corona Dengan Pola Hidup Bersih

Hari raya ini mengajarkan umat Islam tentang hakikat ketaatan kepada perintah Allah SWT, serta memberikan teladan dari Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS, dan Siti Hajar dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Imam shalat Idul Adha kali ini adalah Haji Darul Asfani, S.Ag. MA. Jamaah tampak khusyuk mengikuti rangkaian ibadah yang berlangsung dengan hikmat, meskipun harus berpindah tempat karena cuaca.

Dengan semangat berqurban dan kebersamaan, perayaan Idul Adha di Bukittinggi diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kepedulian sosial di tengah masyarakat. (Aul)

Comment