NasionalPeristiwa

Sumbar Tuan Rumah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

178
×

Sumbar Tuan Rumah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi bersama Kepala BNPB Suharyanto saat berkunjung ke Sumbar.Ist

PADANG-Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyatakan Sumbar resmi didapuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 pada 26 April mendatang. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dijadwalkan hadir langsung dalam peringatan HKBN tersebut.

“Kita kembali dipercaya untuk menghelat kegiatan skala nasional. Lokus utamanya nanti di Kota Padang. Kita akan siapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin,” ujar Gubernur Mahyeldi di sela kegiatannya di Padang, Selasa (23/04/2024).

Terkait rencana rangkaian kegiatan HKBN nantinya, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar, Rudi Rinaldi menerangkan, terdapat beberapa poin arahan yang disampaikan BNPB terkait peringatan HKBN di Sumbar.

BACA JUGA  Bertemu Tokoh Minang di Gubernuran Sumbar, Danlantamal II Padang Mohon Dukungan 

Pihaknya pun hingga saat ini masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk memastikan seluruh rangkaian tersebut dapat berjalan dengan baik nantinya.

“Beberapa poin yang disampaikan antara lain, khusus untuk tujuh kabupaten/kota di wilayah pesisir Sumbar, itu akan ikut geladi terkait ancaman bencana gempa bumi dan tsunami, sementara untuk kabupaten/kota lainnya hanya ikut geladi ancaman gempa bumi. Total di seluruh Indonesia, geladi ini akan berlangsung di 30 kabupaten/kota,” ucap Rudi.

Direncanakan, Gedung Padang Youth Centre akan menjadi posko utama tempat pemantauan geladi yang berlangsung di 30 titik di seluruh Indonesia tersebut.

Kemudian, juga direncanakan penandatangan plakat dorongan untuk mereplikasi early warning system (EWS) Inklusi dan Tsunami Safe Zone yang berlaku di Sumbar, untuk diterapkan di daerah lain yg memiliki ancaman serupa dengan Sumbar.

BACA JUGA  Siaga Bencana di Laut, BPBD dirikan Posko di Pulau Pagang

“Nantinya plakat tersebut akan ditandatangani oleh Bapak Gubernur dan Bapak Kepala BNPB, disaksikan oleh Bapak Menko PMK. Nanti selain seminar, juga ada beberapa kegiatan lain termasuk gala diner yang akan kita gelar. Dijadwalkan, Bapak Menko PMK, Kepala BNPB, dan Sestama BNPB sudah berada di Sumbar pada 25 April nanti,” tutup Rudi.(Bdr)

Comment