Pendidikan

Dibangun 2024, Pemprov Sumbar Sediakan Rp2 Miliar untuk Pembangunan SMA 3 Gunung Talang

101
×

Dibangun 2024, Pemprov Sumbar Sediakan Rp2 Miliar untuk Pembangunan SMA 3 Gunung Talang

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi saat melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan akan dibangun USB di Gunung Talang, Kabupaten Solok. Sabtu (13/1/2024).Ist

PADANG – Pada 2024 ini, Pemprov Sumbar akan membangun Unit Sekolah Baru (USB) di Gunung Talang, Kabupaten Solok. Pemprov Sumbar alokasikan Rp2 miliar untuk pembangunan tersebut.

“InsyaAllah pada tahun ini, kita akan bangun SMA Negeri baru di Gunung Talang, nanti sekolah itu akan kita beri nama SMA N 3 Gunung Talang. Dananya sudah ada, kita telah siapkan Rp2 M,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan akan dibangun USB di Gunung Talang, Kabupaten Solok. Sabtu (13/1/2024).

Mahyeldi menuturkan, berdasarkan hasil analisis daya tampung pada sekolah yang sebelumnya sudah ada, kondisinya rata-rata sudah penuh. Seperti, SMA 1 Gunung Talang sudah penuh 36 rombel, secara aturan itu tidak bisa ditambah lagi.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Puji Masyarakat Malalak Mau Hibahkan Tanah untuk Bangun Sekolah

Sedangkan SMA 2 Gunung Talang lokasinya sangat jauh sehingga sulit untuk di akses masyarakat Gunung Talang, itulah yang menjadi alasan dibutuhkannya USB baru di lokasi tersebut.

“Pembangunan USB ini sebelumnya telah melalui pertimbangan dan kajian yang matang, dimana tujuan utamanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” tegas Mahyeldi.

Disamping itu, Gubernur Mahyeldi juga mengapresiasi perhatian dari masyarakat setempat untuk suksesi pembangunan USB ini. Sebab untuk pembebasan lahan seluas 1,5 hektare tersebut, pemerintah sama sekali tidak terbeban. Semua biaya pembebasan lahan bersumber dari urunan dana masyarakat secara swadaya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius mengatakan proses pembangunan akan segera dilakukan dalam tahun ini secara lengkap sehingga setelah itu langsung bisa difungsikan.

BACA JUGA  Menapaki Rekam Jejak Linggo Menuju Jamnas 2022

“Tahun ini kita akan mulai membangun kantor majelis guru, ruang kepala sekolah, ruang TU dan ruang kelas belajar tiga rombel, sehingga diharapkan setelah itu sekolah ini akan bisa langsung difungsikan,” jelas Barlius.

Sehingga pada Tahun 2025/2026 nanti, sudah bisa dilakukan penerimaan peserta didik baru, tukuk Barlius.(Bdr)

Comment