Sumatera Barat

Musrenbang Nagari Talu 2024, Tuanku Bosa XV Jhonny ZA Didaulat jadi Narasumber

253
×

Musrenbang Nagari Talu 2024, Tuanku Bosa XV Jhonny ZA Didaulat jadi Narasumber

Sebarkan artikel ini

PASAMAN — Diawal tahun 2024, Kabupaten Pasaman Barat menggelar rangkaian kegiatan Rapat Paripurna HUT Ke-20 Kabupaten Pemekaran Pasaman itu. Tepatnya pada Minggu (7/1/2024) di Padang Tujuah Kecamatan Pasaman, dihadiri oleh tokoh masyarakat (Tomas) Pasaman dan Pasbar diperantauan

Di antaranya Tuanku Bosa XV, Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat, Ir H Jhonny ZA, MM, MSi.

Tuanku Bosa XV, Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat, Ir H Jhonny ZA, MM, MSi yang berdomisili di Jakarta itu, sebelumnya hadir pada rapat paripurna tersebut, dalam lawatanya ke Pasbar, tokoh Adat Rang Talu ini juga hadir sebagai nara sumber dalam Musrenbang Nagari Talu 2024, yang berlangsung, Jumat (5/1/2024).

BACA JUGA  Disetujui Tigo Luhak, Jasman Ketua Perkumpulan Suku Kampai Bendang Sedunia 

Seperti diketahui Musrenbang Nagari Talu merupakan forum antar para pelaku pembangunan, dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kenagarian Talu untuk tahun 2024.

Pelaksanaan Musrenbang Nagari Talu bertujuan untuk mendapatkan masukan, dan usulan, guna menyusun RKPD dan mengutamakan skala prioritas pembangunan yang ada di Nagari Talu dengan program prioritas pembangunan yang memerlukan dukungan pendanaan, baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun dari APBN.

Musrenbang tersebut digelar Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari Talu, bekerjasama dengan pemerintah nagari setempat, dihadiri oleh Kasi Ekbang Kecamatan Talamau, Eva , Walinagari Talu, Mahyu Danil, lima Kepala Jorong, Karang Taruna, Bundo Kanduang, Babinsa serta Babinkantibmas Nagari Talu dan istimewa dihadiri Tomas Perantauan Tuanku Bosa XV, Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat, Ir H Jhonny ZA, MM, MSi sekaligus sebagai nara sumber.

BACA JUGA  Sosialisasi Perizinan Berbasis Risiko, Gubernur Mahyeldi Berharap Pelaku UMKM Makin Eksis

Menurut Jhonny, Tuanku Bosa XV, penggunaan dana nagari mesti dimaksimalkan untuk pemberdayaan masyarakat dan menggerakkan perekonomian. Salah satunya menggerakkan Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari) dengan melakukan usaha sesuai potensi nagari.

“Dana Desa (Nagari-red) mesti diupayakan fokus dengan salah satu produk sehingga bisa menggerakkan Bumnag. Saya berharap Bumnag Nagari Talu harus bergerak terus untuk menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata Jhonny bersemangat.

Comment