Umum

Dalam Rangka HUT ke-78, Pemprov Sumbar Gelar Minangkabau Bersepeda

288
×

Dalam Rangka HUT ke-78, Pemprov Sumbar Gelar Minangkabau Bersepeda

Sebarkan artikel ini
Maifrizon, Kepala Dispora Sumbar.ist

PADANG – Guna memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke 78 Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar menggelar Minangkabau Bersepeda. Kegiatan itu bakal diikuti oleh peserta dari sejumlah provinsi tetangga.

Minangkabau Bersepeda ini digelar di Danau Singkarak pada 30 September 2023. Dimulai dari dermaga Danau Singkarak, Paninggahan. Diperkirakan memiliki jarak tempuh hingga 53 kilometer sampai Ombilin. Dalam menjalani rute tersebut akan melewati dua chek poin.

“Kita estimasikan pesertanya bisa ribuan orang. Sekarang kita sudah matangkan rute yang akan dilewati,”sebut Kepala Dispora Sumbar, Maifrizon Kamis (14/9/2023).

Disebutkannya, konsep Minangkabau Bersepeda adalah happy fun, tidak kompetisi. Sehingga peserta bisa mengikuti dengan sebanyak-banyaknya.

BACA JUGA  Buku Jurnalistik Panduan Praktis bagi Pemula Dibedah, Yurnaldi: Berita Online masih Banyak Copy Paste

Menariknya, panitia menyediakan banyak hadiah pada kegiatan tersebut. Untuk hadiah sepeda, panitia menyediakan sebanyak 78 sepeda. Selain itu juga menyediakan hadiah lainnya.

Untuk jalur yang dilewati dipastikan panitia kondisi jalannya sudah bagus. Sehingga dapat menciptakan kenyamana bagi peserta.

“Dalam kegiatan ini menariknya, peserta akan dapat menikmati indahnya Danau Singkarak dalam perjalanan. Mengitari sejumlah kawasan di sepanjang bibir pantai Danau Singkarak,”ungkapnya.

Untuk menggelar kegiatan ini, Pemprov Sumbar menggandeng Pemerintah Kabupaten Solok, Kota Solok dan Tanah Datar.

24 Kegiatan
Selain Minangkabau Bersepeda, Pemprov Sumbar menyiapkan 24 kegiatan untuk memeriahkan HUT Ke-78 RI di daerah itu.

“Ada 24 kegiatan yang kita siapkan, di antaranya lomba yang melibatkan instansi pemerintahan serta masyarakat. Tujuannya untuk memeriahkan HUT Ke-78 RI dan mengobarkan semangat nasionalisme,” katanya.

BACA JUGA  Pandemi Covid-19, Beberapa Pengusaha di Padang Tergerak Hatinya Membantu 

Ia mengatakan kegiatan yang digelar untuk peringatan HUT Ke-78 RI di Sumbar dirancang lebih meriah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena situasi pandemi COVID-19.

Diketahui HUT Pemprov Sumbar ditetapkan jatuh pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya.(Bdr)

Comment