Peristiwa

Kota Padang Banjir, Gubernur Mahyeldi: Ketika Bencana itu Kehadiran Pemerintah Penting

790
×

Kota Padang Banjir, Gubernur Mahyeldi: Ketika Bencana itu Kehadiran Pemerintah Penting

Sebarkan artikel ini
FOTO: Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah meninjau salah satu lokasi yang mengalami bencana banjir di Kota Padang, tepatnya di Kawasan Maransi Kelurahan Aia Pacah dan Kawasan Tunggul Hitam, Kelurahan Dadok, Kecamatan Koto Tangah. Jum'at (14/07/2023).Ist

PADANG – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah meninjau salah satu lokasi yang mengalami bencana banjir di Kota Padang, tepatnya di Kawasan Maransi Kelurahan Aia Pacah dan Kawasan Tunggul Hitam, Kelurahan Dadok, Kecamatan Koto Tangah. Jum’at (14/07/2023).

Dalam kesempatan tersebut Ia mengungkapkan, ditengah bencana seperti ini kehadiran pemerintah ditengah masyarakat menjadi sangat penting, karena itu akan menjadi penawar dari rasa cemas para warga. Sehingga tidak ada kata tidak siap untuk pemerintah, karena ini bencana, tidak ada yang bisa memprediksi kapan akan terjadinya.

“Kita hadir disini, untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka tidak sendiri. Kita ada untuk mereka,” tegas Mahyeldi disela-sela peninjauannya.

BACA JUGA  Istiqomah dan Konsistennya Wali Kota Erman Safar Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Ia menuturkan, kenapa ia memilih meninjau lokasi ini, karena berdasarkan informasi yang ia terima, di Kawasan Maransi dan Tunggul Hitam ketinggian air yang menggenangi perumahan masyarakat mencapai 1 meter. Menurutnya, tempat ini termasuk lokasi yang terparah di Kota Padang.

“Sebelumnya kita mendapat informasi kalau disini ketinggian airnya mencapai 1 meter, untuk banjir mungkin disini yang terparah. Itu mengapa kita kesini,” ujar Mahyeldi.

Selama melakukan peninjau, Gubernur Mahyeldi terlihat berinteraksi dengan para petugas dan warga setempat, selain itu ia juga terlihat membantu masyarakat dengan menyerahkan uang tunai untuk pemenuhan kebutuhan pokok menjelang bantuan resmi didistribusikan.

Gubernur Mahyeldi juga mengaku, telah memerintahkan jajarannya untuk segera menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada para korban, terutama untuk kebutuhan pokok. Menurutnya itu penting dan perlu cepat karena ini bencana.

BACA JUGA  Pemko Bukittinggi Launching Program PMT Berbasis Pangan Lokal dan Antropometri Bagi Posyandu

“Setelah kita cek, memang banyak pemukiman warga yang terendam. Tidak hanya disini tapi hal yang sama juga terjadi di daerah lain. Mereka itu adalah warga kita, saudara kita semua, harus segera terbantu. Saya telah minta jajaran untuk segera mendistribusikan bantuan, terutama untuk kebutuhan pokok dan buat dapur umum di titik pengungsian,” tegas Mahyeldi.

Comment