Peristiwa

Penas KTNA ke XVI Dikunjungi Hingga 300 Ribu Orang

670
×

Penas KTNA ke XVI Dikunjungi Hingga 300 Ribu Orang

Sebarkan artikel ini
Salah satu stand peternakan di Penas KTNA 2023 di Lanud Tabing, Padang.Ist

PADANG – Hari ini, Kamis (15/6/2023) Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023 di Sumatera Barat ditutup Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Diperkirakan sejak gelaran helat nasional ini dibuka ada sekitar Rp250 miliar berputar di Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya.

Siswono Project Manager Pameran Penas Tani XVI 2023 memaparkan minat masyarakat untuk mengunjungi kegiatan itu sangat besar. Sehingga selama lima hari Penas Tani berlangsung, kegiatan itu diserbu oleh pengunjung.

Tercatat, dari hari pertama pameran dibuka sampai kemarin (Rabu 14/6/2023) siang, jumlahnya sampai 250 ribu pengunjug. Hanya dalam waktu 4,5 hari.

Ditaksir hingga penutuan hari ini Kamis (15/6/2023) bisa mencapai 300 ribu pengunjung. “Ini rekor dari masyarakat Kota Padang. Animo masyarakat sangat luar biasa, mereka sangat antusias hadir pada penyelenggaraan ini,”sebut Siswono.

BACA JUGA  Kelok Lubuak Hantu Makan Korban, Operator Excavator Tewas Akibat Terseret Arus¬†

Diakuinya, dari awalnya, pengunjung masih sedikit, karena diselenggaran di instalasi militer, masyarakat agak canggung. Pagi hingga sore hari pembikaan tercatat hanya sekitar 30 ribu.

Kemudian esoknya naik menjadi 47 ribu. Melonjaknya jumlah pengunjung tersebut juga dampak dari pemberitaan media yang baik.

“Ini efek pemberitaan media massa yang positif. Sehingga penggunjung lebih banyak,”katanya.

Panitia mencatat kunjungan tertinggi siang tadi Rabu (14/6/2023. Yakni mencapai sampai 50 ribu orang.

Disebutkannnya, secara kuantitatif pada acara tersebut terdapat 189 peserta. Terdiri dari pemerintah pusat kementrian dan non kementrian sebanyak 5.

Kemudian sebanyak 29 perovinsi, 39 kabupaten, 15 kota dan 11 asosiasi instansi terkait lainnya.

Ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu, perusahaan BUMN/BUMD dan swasta sebanyak 23 perusahaan. Ditambah dengan sebanyak 27 UMKM totalnya menjadi 189 peserta pada lahan 5.700 meter persegi dan 345 unit stand.

BACA JUGA  Terduga Gay Diciduk Tim SK4 Bukittinggi

“Pameran ini adalah tentang pertanaian perikanan dan kehutanan. Menyediakan area khusus untuk hampir lebih dari 150 unit UMKM. Terdiri dari kuliner dan asesoris, baju dan sebagainya. Dari lokasi belakang sangat luar biasa. Pengunjung sangat berminat,”ujarnya.

Comment