Kota Padang

Dimulai pada 10 Juni 2023, Kesiapan Lokasi Penas Tani ke-XVI di Sumbar Baru 90 Persen

353
×

Dimulai pada 10 Juni 2023, Kesiapan Lokasi Penas Tani ke-XVI di Sumbar Baru 90 Persen

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah dampingi Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan persiapan Penas Tani ke-XVI tahun 2023 di Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir di Kota Padang, Selasa (30/5/2023).

PADANG – Kesiapan helat nasional Penas Tani ke-XVI tahun 2023 di  Sumatera Barat yang dipusatkan Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir di Kota Padang baru siap 90 persen. Hal itu terugkap Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah dampingi Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo saat meninjau persiapan , Selasa (30/5/2023).

Mahyeldi mengatakan bedasarkan kondisi dilapangan saat ini, persentase kesiapan lokasi sudah lebih dari 90 persen, tinggal penyempurnaan dibeberapa titik.

“Saat ini, kesiapan lokasi sudah mencapai 90 persen lebih, artinya secara umum kita sudah siap. Hal itu bisa dicapai berkat dukungan dari Bapak Menteri melalui panitia pusat, Danlanud, Walikota Padang serta pihak terkait lainnya,” kata Gubernur Mahyeldi pada saat mendampingi Mentan RI melakukan peninjauan.

BACA JUGA  Wako Hendri Septa Terima Penghargaan Kepala Daerah Peduli Pemuda dari DPD KNPI Sumbar

Selanjutnya Ia menyebut, nantinya dalam ajang Penas Tani Ke-XVI para petani yang hadir akan dipertontonkan gelar teknologi, ilmu pengetahuan hingga kearifan lokal untuk menjaga kualitas tanaman, terutama saat musim kemarau.

Ia juga menegaskan, pihaknya sangat serius dalam melakukan persiapan karena Ia bertekad menjadikan penyelenggaraan tahun ini sebagai penyelenggaraan terbaik sepanjang sejarah.

“Sebagai tuan rumah, kita bertekad menjadikan penyelenggaraan Penas Tani tahun ini sebagai penyelenggaraan terbaik sepanjang sejarah. Itu tekad kita,” tegas Mahyeldi.

Sementara itu Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa Pekan Nasional Petani dan Nelayan Indonesia (Penas Tani) XVI merupakan kegiatan konsolidasi kekuatan pertanian dalam upaya menjaga ketahanan pangan nasional.

BACA JUGA  BAZNAS Kota Padang Raih Penghargaan BAZNAS Awards 2024

“Presiden selalu memberikan perhatian serius pada masalah ketahanan pangan, khususnya pertanian agar Indonesia kokoh,” kata Mentan.

Mentan RI juga mengatakan pelaksanaan Penas Tani tahun ini, menjadi tantangan tersendiri mengingat ada potensi krisis pangan dunia, perubahan iklim, cuaca ekstrem, hingga serangan hama yang terjadi dimana-mana.

Menurutnya, Penas Tani Ke-XVI ini sangat strategis untuk menyatukan visi, pandangan, gerak, dan semangat kita untuk menjaga bangsa dari berbagai potensi ancaman sesuai petunjuk dan arahan Presiden.

Comment