Umum

Satrol Lantamal II Tingkatkan Kemampuan Prajurit Penanganan Kecelakaan Laut 

188
×

Satrol Lantamal II Tingkatkan Kemampuan Prajurit Penanganan Kecelakaan Laut 

Sebarkan artikel ini

PADANG – Disimulasikan kapal ikan KM Nada 01 bertolak dari Pelabuhan Perikanan Bungus menuju ke Fishing Ground, ABK sebanyak empat orang. Di Perairan Teluk Bayur KM Nada 01 mengalami kebakaran yang diduga sumber api berasal dari kompor yang meledak.

ABK kapal melaksanakan aksi pemadaman, kebakaran semakin membesar dan kapal tidak dapat diselamatkan  ABK empat orang ABK KM Nada 01 berusaha menyelamatkan diri terjun ke laut, Kamis (19/5/2022).

Salah satu ABK diselamatkan oleh perahu nelayan yang melintas di tempat kejadian, kemudian perahu tersebut menghubungi Satrol Lantamal II untuk melaporkan kejadian melalui aplikasi F1QR Satrol Lantamal II. Dansatrol Lantamal II, Letkol Laut (P) Agus Triyana, ST., M.Tr Hanla memerintahkan unsur siaga SAR Patkamla Marak dan Sea Rider untuk melaksanakan operasi SAR KM Nada 01 di perairan Teluk Bayur. KAL Sinyaru dan Pat Bungus bergabung melaksanaan SAR. Berkoordinasi dengan Diskes Lantamal II dalam rangka pengerahan tim medis untuk penanganan korban.

BACA JUGA  Sekdako Hadiri Sosialisasi Program Imunisasi Polio yang Dihelat Pemprov Sumbar

Pat Marak menemukan satu korban kemudian dilakukan tindakan pertolongan pertama di atas Pat Marak. Sea Rider menemukan satu korban kemudian dilaksanakan pertolongan dan dievakuasi ke Pat Marak yang masih berada di sekitar lokasi kejadian. KAL Sinyaru tiba di lokasi kejadian kemudian bergabung melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.Pat Marak melaksanakan evakuasi dua orang korban ke Kal Sinyaru kemudian melanjutkan pencarian. Kal Sinyaru menemukan korban ketiga kemudian melaksanakan manuvra olah gerak pertolongan pertolongan.

Seluruh korban dapat ditemukan dan berada di Kal Sinyaru, kemudian dilaksanakan evakuasi seluruh korban ke Pelabuhan Perikanan Bungus yang sudah stand by Ambulance dari Diskes Lantamal II. Kal Sinyaru melaksanakan penyerahan korban kepada Timkes (Diskes Lantamal II) selanjutnya melaksanakan evakuasi ke BP Diskes untuk dilanjutkan penanganan medis lanjutan.

BACA JUGA  Pemko Pariaman Percayakan UNP untuk Seleksi Calon Kepala OPD

Latihan Penanganan Laka laut bertujuan melatih kemampuan personel dalam penguasaan teknik pencarian dan penyelamatan (SAR) di laut baik tingkat individu maupun tim dalam peningkatan kesiapan dan kesiagaan operasional Satrol Lantamal II dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) di laut. Latihan ini diikuti ratusan Prajurit pelaksana dan pendukung dari berbagai satuan di Lantamal II.(drd)

Comment