Politik

Panwaslu  Situjuah Limo Nagari Gelar Rakor Pengawasan Partisipatif

99
×

Panwaslu  Situjuah Limo Nagari Gelar Rakor Pengawasan Partisipatif

Sebarkan artikel ini

 

LIMAPULUH KOTA -Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Situjuah Limo Nagari Limapuluh Kota, Rabu (11/11) menggelar rapat koordinasi (Rakor) pengawasan Pemilihan Partisipatif dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota Tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor Wali Nagari Situjuah Banda Dalam itu, dibuka secara resmi oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Yorry Anetof.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Kecamatan Situjuah Limo Nagari menyampaikan, rakor pengawasan pemilihan partisipatif merupakan upaya pengawas pemilu untuk mengajak masyarakat agar terlibat mengawasi proses tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

“Masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas, sehingga pilkada serentak ini nantinya bisa melahirkan pemimpin yang jujur dan berintegritas,” kata Yorry.

BACA JUGA  Malam-malam, Mahyeldi Lantik 9 Pejabat Eselon II Pemprov Sumbar

Kemudian, untuk menjamin kualitas dan integritas pilkada, diperlukan adanya pengawasan di seluruh tahapan oleh lembaga penyelenggara pilkada bersama dengan masyarakat.

“Karenanya, untuk menciptakan pemilu yang aman dan berjalan dengan baik, kita mengajak peran serta masyarakat. Masyarakat bisa ikut andil dalam mengawasi, hanya saja mereka harus mengerti tata cara pelaporan pelanggaran,” tuturnya.

Dijelaskannya, pengawasan partisipatif adalah sebagai upaya pelibatan masyarakat dalam rangka pencegahan pelanggaran pemilu.

“Tujuan pengawasan partisipatif adalah mencegah terjadinya konflik, mendorong tingginya partisipasi publik, membentuk karakter dan kesadaran politik masyarakat, serta menjadikan pemilu yang bermartabat dan berintegritas. Oleh karena itu, kami mengharapkan masyarakat Situjuah Limo Nagari khususnya yang hadir pada hari ini untuk mensukseskan pilkada serentak tahun 2020 dengan bermartabat dan damai. Artinya, keterlibatan partisipasi masyarakat sangatlah penting.” Pungkasnya.

BACA JUGA  Wartawati: Pengabdian Bapak Nasrul Abit ke  Masyarakat Sumbar Merupakan Ibadah

Turut hadir pada kesempatan itu, Camat Situjuah Limo Nagari Rahmad Hidayat, Arion Kordiv Pengawasan Panwaslu Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Lindawati Kordiv Penindakan Panwaslu Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan PPK Situjuah Limo Nagari Mardikola Tri Rahmad selaku pemateri, serta perwakilan komunitas seni budaya dan komunitas olahraga se-Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Comment