Budaya

Tari Piring dan Deklamasi Puisi Ukakes UNP Riuh Rendah di Panggung PKPEK 2020

377
×

Tari Piring dan Deklamasi Puisi Ukakes UNP Riuh Rendah di Panggung PKPEK 2020

Sebarkan artikel ini

PADANG – Di tengah guyuran hujan, panggung Pagelaran Kreatif Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji Kota Padang tetap beraktivitas, seni budaya dan kesenian Minang. Pada, penampilan hari keempat belas dimeriahkan para pelaku seni Unit Kegiatan Kesenian (Ukakes) UNP Padang, Jumat malam (18/9/2020).

Para personel Ukakes UNP melenggang lenggokan memperagakan tari pasambahan, hentakan kata perkata puisi yang dibacakan secara deklamasi oleh Melinia Sejabat. Selain itu juga diselang seling tarik suara dari para mahasiswi UNP yang tergabung dalam Ukakes. Serta aktraksi hentakan kaki penari piring di atas pecahan beling.

Kasi Starategi Pemasaran dan Branding Dinas Pariwisata Sumbar Mulyadi Yanis mengatakan, kegiatan PKPEK 2020 yang dilaksanakan di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji Kota Padang ini mempertunjukan kebolehan para seniman dan budaya di Sumbar.

BACA JUGA  Mukernas I DPW PKPS Sukses, Perantau Pessel Merajut Asa Membangun Nagari

“Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan, 3 Agustus hingga 39 Oktober mendatang,” ujar Mulyadi. .

Dikatakan, karena masih dalam pandemi Covid-19 maka pelaku seni dan panitia tetap mempertahatikan protokoler kesehatan Covid-19. Dengan tetap mwmperhatikan protokoler kesehatan Covid-19, dengan memakai masker. Dan panitia juga menyediakan tempat cuci tangan.

“Ajang pagelaran ini akan menampilkan pelaku seni dan budaya se Sumbar. Sebelumnya, sudah menampilkan kebolehan tim kesenian dari Padangpariaman dan Luak Agam serta Solok ,” ujar Mulyadi.

Koordinator Unit Kegiatan Kesenian (Ukakes) UNP Padang Yolanda Atika mengatakan, Ukakes ini berdiri sejak tahun 1990 silam, Organisai kesenian kampus UNP ini merupakan wadah untuk menyalurkan bakat seni para mahasiwa dan mahasiswi kampus. Ukakes melibatkan personil lebih kurang seratusan orang.

BACA JUGA  Hebat, Semen Padang Berpeluang jadi Memori Kolektif Bangsa

“Namun, yang tampil di PKPEK 2020 ini Ukakes UNP Padang melibatkan lebih kurang sekitar 15 personel,”ujar Yolanda.

Dikatakan, sedangkan tari yang tampil yakni, tari piring, puisi,. Selama ini Ukakes pernah di ajang nasional, Jember Jabar dengan kegiatan bertajuk Variasi 2018. Kemudian Variasi Makassar 2019, yang merupakan ajang unjuk kebolehan dari pelaku seni dsri kampus secara nasional. Saat itu Ukakes UNP menampilkan tari piring.

Comment