Umum

Ingin Ikut Seleksi CPNS di Sumbar, Ini Jadwal Ujiannya

159
×

Ingin Ikut Seleksi CPNS di Sumbar, Ini Jadwal Ujiannya

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI: CPNS

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah menerima jadwal penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Penerimaan akan diumumkan pada pekan keempat Oktober 2019.

Dari jadwal yang diberikan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) proses pendaftaran dan seleksi akan dimulai pada November 2019.

Kemudian pengumuman dan hasil seleksi administrasi peserta pada Desember 2019. Dalam rentang itu juga diberikan waku masa sanggah awal Januari 2020. Dilanjutkan dengan pengumuman jadwal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) pada akhir Januari 2020.

Selanjutnya pelaksanaan SKD berlangsung pada Februari 2020, pengumuman hasil SKD pada awal Maret 2020. Dilanjutkan dengan pelaksanaan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) akhir Maret 2020.

BACA JUGA  Awal 2022, Danlantamal II Gelar Pengarahan Terhadap Lanal di Lingkungan Lantamal

Untuk integrasi nilai SKD dan SKB dilakukan pada awal April 2020, sekaligus pengumuman hasil beserta pemberian NIP dan pengangkatan dilakukan pada akhir April 2020.

“Daftarnya sudah kita terima, namun kuota yang disetujui belum ada,”sebut Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Sumbar, Abdul Gafar kemarin.

Meski begitu, Abdul Gafar mengingatkan, para peminat yang ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti rangkaian prosesnya. Karena seleksi dilakukan dengan CAT, sehingga hasilnya terbuka.

“Seleksinya tranparan, jika nilai tidak mencukupi tidak bisa dibantu,”katanya.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar mengusulkan sebanyak 1.009 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk rekrutmen CPNS 2019.

Dari jumlah yang diusulkan, sebanyak 668 untuk kuota CPNS dan 342 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

BACA JUGA  DPP PKPWL 2023-2028 Dikukuhkan, Nyalakan Persatuan dengan Tembang Kampuang Nan Jauah di Mato

“Total ada 1.009 yang kami usulkan, keputusan ada di pusat berapa tahun ini formasi yang diberikan untuk Sumbar,” ujarnya.

Dijelaskannya, dari 668 formasi CPNS diusulkan, 175 untuk tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan 96 formasi dan teknis 397. Sedangkan dari 341 PPPK, rinciannya, guru 233, tenaga kesehatan 94 dan teknis 14 formasi.

“Mudah-mudahan sesuai yang kita ajukan,” harapnya.

Dilanjutkan Gafar, hingga saat ini pihaknya masih menunggu penetapan formasi dari Kemenpan RB. Untuk diketahui saat ini Kemenpan RB tengah melakukan finalisasi penetapan formasi untuk pengadaan CPNS 2019 baik untuk instansi pusat atau daerah.

Comment