Ekonomi

Pertama di Indonesia, Menteri PPN Resmikan Pembangunan PLTBm  Mentawai Berbahan Baku Bambu

205
×

Pertama di Indonesia, Menteri PPN Resmikan Pembangunan PLTBm  Mentawai Berbahan Baku Bambu

Sebarkan artikel ini

MENTAWAI — Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Bambu (PLTBm) berkapasitas 250 Kilo Watt (KW) hadir di Desa Saliguma, Siberut Tengah, Kepulauan Mentawai, merupakan pengembang pembangkit tenaga listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP) PLTBm pertama di Sumbar.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bapppenas) terus mendorong pengembangan pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Selain meningkatkan bauran energi, langkah itu diharapkan bisa mengurangi kebergantungan terhadap energi fosil.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bapppenas) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di Desa Saliguma, Pulau Siberut Tengah, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Selasa (17/9/2019). Adapun bahan bakar PLTBm ini adalah bambu.

Dalam sambutannya Menteri PPN Bambang Brodjonegoro menyampaikan, PLTBm tersebut merupakan proyek hibah MCC Amerika Serikat yang dilaksanakan oleh PT Charta Putra Indonesia (CPI).

BACA JUGA  Pasca Gempa Pasaman Barat Warga Ngarai Maaram Galang Bantuan

“Pembangunan PLTBm ini sangat unik menggunakan bambu sebagai bahan bakarnya. PLTBm pertama di Indonesia yang dilaksanakan PT. CPI selama lima tahun,” kata Menteri PPN.

“Pemk‎ab Mentawai juga telah melakukan kerjasama dengan perusahaan daerah PLN melalui excess power,” ujarnya.

Adapun PLTBm ini dibangun di tiga desa, yaitu Desa Saliguma dengan kapasitas 250 KW , Desa Madobag dengan kapasitas 300 KW, dan Desa Matotonan dengan kapasitas 150 KW.

Untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Pulau Siberut, ke depan PLN berencana untuk melakukan interkoneksi PLTBm Madobag ke Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Meileppet dan PLTBm Matotonan dengan PLTD Peipei.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Kementerian PPN yang telah hadir dan berkarya ditengah-tengah masyarakat Sumbar, khususnya di Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA  Angka Pengangguran Sumbar Diatas Nasional, Bupati/wako Hendaknya Manfaatkan BLK

“Dengan hadirnya PLTBm di Kepulauan Siberut Energi Terbarukan bisa mengalirkan arus listrik di daerah terisolir dan bisa mencerdasan anak bangsa serta meningkatkan kemakmuran masyarakat di Mentawai,” kata Nasrul Abit.

Comment