Olahraga

Meski Terbilang Beladiri Baru, Beladiri Kurash Cukup Diminati

262
×

Meski Terbilang Beladiri Baru, Beladiri Kurash Cukup Diminati

Sebarkan artikel ini
BUKA--Kadispora Sumbar Bustavidia membuka Pekan Olahraga Bela diri Kurash di Hall Telekom Padang.IST

PADANG-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar Bustavidia buka gelaran Pekan Olahraga Beladiri Daerah (Pobda) cabang olahraga (Cabor) Kurash di Hall Telkom Sumbar, Padang Baru, Selasa (13/8/19). Pertandingan Kurash ini diikuti 10 kabupaten dan kota dengan melibatkan 100 peserta.

Kadispora Sumbar, Bustavidia mengatakan, pertandingan olahraga kurash merupakan olahraga beladiri yang baru berdiri, olahraga yang menggabungkan olahraga judo dan gulat tersebut pertama kali dilaksanakan di Sumbar. Namun, pada Asean Games 2018 lalu olahraga ini sudah dipertandingkan.

“Meskipun baru terbentuk pada tahun 2016, namun olahraga ini sudah dipertandingkan pada Asean Games Jakarta Palembang tahun lalu. Tentunya kita berharap olahraga ini bisa mengikuti kesuksesan olahraga beladiri terdahulu yang banyak digemari oleh masyarakat luas,” ujar Bustavidia.

BACA JUGA  Dispora Sumbar Usung Program Pembinaan Olahraga Prioritas Nasional 

“Kepada atlet yang bertanding tentunya kita berharap mengeluarkan seluruh kemampuanya agar bisa menjadi yang terbaik. Dan begitu juga kepada wasit yang akan memimpin pertandingan nantinya kita berharap bisa menilai dengan seadil-adilnya, berikan lah penilaian yang terbaik bagi atlet yang bertanding nantinya jangan ada tembang pilih dalam mengadil nanti, karena yang kita butuhkan adalah atlet yang berperstasi yang akan memperkuat Sumbar di tingkat nasional, bukan atlet karbitan,” ujar Bustavidia.

Ketua pelaksana, Maswar Kasi Olahraga Prestasi dan Tenaga Keolahragaan Dispora Sumbar mengatakan, kejuaraan olahraga kurash merupakan Cabor baru yang dipertandingkan di Pordida tingkat Sumbar, namun olah raga beladiri ini sudah cukup berkembang di dunia, meskipun di Indonesia baru berdiri pada 2016 lalu.

BACA JUGA  Sore ini Gladi Pembukaan, Kejurnas Karate Piala Ketum PB Forki Besok Dimulai

“Meskipun baru pertama dipertandingkan, namun minat kabupaten dan kota yang mengikuti kejuaraan ini sangat antusiah ini terbukti pada Pordida 2019 ini ada sepuluh kab dan kota yang ikut berpatisipasi yaitu, Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman, Bukittinggi dan Payakumbuh untuk kabupaten ada Kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Agam, Dharmasraya dan Solok,” ujar Maswar.

Comment