Nasional

KRI Sutedi Senoputra 378 Berlayar Melayani Kas Pulau Terluar

249
×

KRI Sutedi Senoputra 378 Berlayar Melayani Kas Pulau Terluar

Sebarkan artikel ini

PADANG – KRI Sutedi Senoputra 378 bertolak dari Dermaga Pelabuhan Teluk Bayur Padang menuju daerah operasi, Kamis (25/07/19).

Kegiatan yang merupakan Operasi Militer ini selain perang atau OMSP bagian tugas dari TNI AL. Komandan KRI Sutedi Senoputra 378 Letkol Laut (P) Zulfahmi lulusan Akademi TNI Angkatan Laut tahun 2000 ini menyebutkan, KRI Sutedi Senoputra akan berlayar dalam kegiatan pelayanan kas, yang merupakan kerjasama TNI AL dengan Pihak Bank Indonesia.

Pelayaran yang diperkirakan memakan waktu lebih kurang 10 hari ini, mengitari berbagai pulau di Pantai Barat Pulau Sumatera. Ini salah satu bentuk operasi militer selain perang. Di mana dalam kondisi waktu damai TNI AL melaksanakan beberapa tugas OMSP diantaranya, kerjasama dengan pihak Bank Indonesia.

BACA JUGA  Dukungan Berdirinya Balai Besar Logistik dan Kediklatan Regional di Padang terus Mengalir

Kerjasama TNI AL dengan Bank Indonesia dalam bentuk mengantarkan kas atau layanan kas ke pulau terluar, terdepan dan terpencil atau 3T. Layanan kas pulau 3 T ini, di wilayah pantai barat Sumatera antara lain, Pulau ,Telo ,Semeulue dan Kepulauan Mentawai. Kegiatan ini meliputi sosialisasi keaslian rupiah, program sosial BI dan penukaran rupiah. Dari pihak Bank Indonesia (BI) menerjunkan 14 orang personel, yang terdiri dari kantor BI Pusat, BI Padang, Sibolga dan Aceh. (rjk)

Comment