Peristiwa

Sholat Ied Bersama di Lapangan Wirabraja Bukittinggi

155
×

Sholat Ied Bersama di Lapangan Wirabraja Bukittinggi

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI – Antusias jamaah Kota Bukittinggi cukup tinggi untuk ikuti shalat Idul Fitri 1445 H, di Lapangan Wirabraja Bukittinggi, Rabu (10/04/2024).

Warga shalat berjamaah bersama Wali Kota dan Unsur Forkopimda.

Shalat id di Lapangan Wirabraja, yang bertindak sebagai khatib, Dr. Muhammad Zalnur, M. Ag, dosen dan ketua program studi doktor S3 Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang.

Sementara itu, untuk imam shalat Id, Ustadz Asril Arif, S.Ag, S.IQ, MA, pimpinan Quran Center Batam Kepri.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan rasa bahagia dapat melaksanakan shalat Id berjamaah bersama dengan masyarakat Bukittinggi, tanpa ada perbedaan waktu. Dimana, pemerintah telah umumkan hasil sidang isbat, 1 Syawal 1445 H, jatuh pada hari Rabu 10 April 2024.

BACA JUGA  Cegah Corona, Pemprov Sumbar Tetapkan Pemberlakuan Pembatasan Selektif 

“Kami atas nama Pemerintah Kota Bukittinggi dan atas nama pribadi beserta keluarga, mengucapkan Selamat hari raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin,” ungkap Erman.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyampaikan sejumlah program pemerintah kota. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sejak 2022 hingga 2024, secara paripurna didedikasikan bagi upaya penanggulangan kemiskinan. Banyak program pemerintah daerah yang akan dan telah dilakukan memperhatikan dan membantu masyarakat, termasuk anak yatim dan seluruh kaum dhuafa, terutama sekali dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

“Angka kemiskinan Kota Bukittinggi sempat meningkat pada tahun 2021 pada angka 5,14%, pada tahun 2022 dapat kita tekan ke angka 4,46% dan pada tahun 2023 dapat ditekan lagi menjadi 4,11%. Dimana tahun 2023 tersebut Kota Bukittinggi merupakan daerah yang terbesar dapat menekan angka kemiskinan se Sumatra Barat. Kemudian, Tingkat Pengangguran Kota Bukittinggi, saat ini sudah mencapai angka 4,9% yang sudah jauh menurun dari tahun 2020 yang mencapai angka 7,51%,” jelasnya.

BACA JUGA  Tiga Narapidana Kabur dari Lapas Talu Pasbar

Wako menambahkan, sesuai dengan fokus RPJMD Kota Bukittinggi Tahun 2021-2026 pada pembangunan sektor ekonomi dan sumber daya manusia, Pemko Bukittinggi telah melaksanakan beberapa kebijakan dan program yang mengarah pada perbaikan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM.

Comment