Umum

Peduli Penanganan Pasca Gempa, Pelatihan Mitigasi Kebencanaan untuk Relawan se-Pasbar Difasilitasi Zulkenedi Said

476
×

Peduli Penanganan Pasca Gempa, Pelatihan Mitigasi Kebencanaan untuk Relawan se-Pasbar Difasilitasi Zulkenedi Said

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI i — Dalam rangka peningkatan kapasitas relawan pada saat penanganan bencana se-Kabupaten Pasaman Barat, Zulkenedi Said, anggota DPRD Sumbar melalui dana Pokirnya fasilitasi Pelatihan Mitigasi dan Penanggulangan Kebencanaan.

Bertempat di Hotel Novotel Bukittinggi selama tiga hari, dari Rabu hingga Jumat (15-17/11/2023) puluhan warga Pasbar yang peduli bencana mendapatkan informasi tentang Kebijakan Penanggulangan Bencana, Konsepsi Relawan serta materi tentang Sistem Informasi Kebencanaan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengetahuan kebencanaan komunitas warga peduli bencana semakin baik serta ada transfer pengalaman oleh pemateri sehingga peran relawan dalam kebencanaan semakin baik di Pasbar” ujar Zulkenedi Said, anggota DPRD Sumbar dari Dapil 4 itu saat memberikan sambutanya, Rabu (15/11/2023).

BACA JUGA  Antisipasi  Jalan Rusak, Warga Lolo Gunung Sarik Goro Bangun Portal Jalan

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat , dikatakan Zulkenedi Said bertujuan untuk membentuk generasi Pasbar yang siap menjadi Relawan Kebencanaan, sehingga siap selalu membantu masyarakat saat terjadi musibah bencana.

“Melalui pelatihan ini lahir masyarakat yang terlatih di bidang kebencanaan, karena pada pelatihan ini mereka dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang kebencanaan,” harap Zulkenedi Said, yang juga Ketua Komisi IV DPRD Sumbar itu.

Seperti diketahui, pada bulan Februari 2022 lalu terjadi Gempa Bumi di Pasbar yang berkekuatan 6,1 Mw, dimana pusat gempanya berlokasi di darat Gunung Talamau pada kedalaman 10 Km.

Akibat gempa tersebut ada seribu rumah warga sebagiannya rata dengan tanah diantaranya di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasbar. (drd)

BACA JUGA  Gubernur Canangkan Bulan Bhakti IBI KB - KES Upaya Turunkan Angka kematian Ibu dan Bayi

Comment