Umum

Meriahkan HUT RI, Pokir Nurfirman Wansyah Helat Ekspedisi Kambang – Muarolabuh

584
×

Meriahkan HUT RI, Pokir Nurfirman Wansyah Helat Ekspedisi Kambang – Muarolabuh

Sebarkan artikel ini

PADANG – Dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun 2023 dilaksanakan Ekspedisi Napak Tilas Muarolabuh Solsel- Kambang Pessel dan sebaliknya Kambang – Muarolabuh , 12-17 Agustus 2023. Napak tilas ini juga melibatkan peserta dari masyarakat Muarolabuh dan Kambang dengan jarak tempuh lebih kurang 52 kilometer.

Rombongan ekspedisi yang berjumlah 65 orang ini menempuh perjalanan selama enam hari lima malam, pulang pergi (PP). Ekspedisi ini terlaksana melalui pokok pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Sumbar Drs. H. Nurfirman Wansyah, Apt MM. Kegiatan ini dalam memeriahkan peringatan 78 tahun HUT Kemerdekaan RI.

“Dengan menelusuri jejak jalur perjalanan masyarakat Muarolabuh ke Kambang dan masyarakat Kambang ke Muarolabuh ini juga tak telepas mengingat jalur pejuang di era perjuangan sebelum kemerdekaan dan pasca kemerdekaan,” ujar Nurfirmanwansyah, Kamis (17/8/2023).

BACA JUGA  Hari Ketiga Serbuan Vaksinasi Maritim Lantamal II Cukup Direspon Masyarakat 
Anggota DPRD Sumbar Nurfirman Wansyah bersama peserta ekspedisi

Dikatakan Anca panggilan akrab Nurfirman Wansyah, Napak Tilas Muarolabuh – Kambang melibatkan peserta 35 orang dan sebaliknya dari kambang – Muaro Labuh dengan peserta 30 orang. Secara sejarah masyarakat Kambang berasal dari Muarolabuh. Dan sejak dahulu masyarakat Kambang melewati jalur melintas kawasan hutan ke Muarolabuh sekaligus jalur beraktivitas ekonomi menjual minyak goreng, ikan kering dan garam. Kemudian begitu sebaiknya ke Kambang dengan membawa hasil pertanian dari Muarolabuh, berupa sayur mayur.

Demikian juga sebaliknya.
dengan kegiatan Napak Tilas pada momentum peringatan 78 tahun HUT Kemerdekaan RI diharapkan meningkatkan silaturrahmi dan rasa kekeluargaan antara mayarakat Muarolabuh Solok Selatan (Solsel) dengan Kambang Pesisir Selatan (Pessel) agar semakin kuat. Sehingga semakin meningkatkan kesatuan dan persatuan yang merupakan modal utama keutuhan bangsa Indonesia.

BACA JUGA  Beri Pelayan Vaksin, Nakes Lantamal II Datangi Perumahan Prajurit

Pada tanggal 17 Agustus ini dilakukan upacara peringatan 17 Agustus sebagai hari Kemerdekaan RI di lapangan Ladang Yuang Kabau yang terletak jelang perbatasan Muarolabuh – Kambang dengan peserta upacara mayarakat dari Muarolabuh yang sudah menempuh perjalanan semenjak pukul 12. 00 WIB sampai di Ladang Yuang Kabau sekitar pukul 15. 00 WIB sore. Dan masyarakat Kambang yang menempuh perjalan 1 swhari penuh 16 Agustus. Dengan melibatkan rombongan peserta upacara sebanyak 65 orang lebih kurang.

Comment