Umum

Ini Pesan Marfendi pada Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila 2023

313
×

Ini Pesan Marfendi pada Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila 2023

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi meggelar upacara bendera untuk memperingati hari lahir Pancasila tahun 2023 di halaman kantor Balaikota Bukittinggi, Kamis pagi (1/6/2023).

Dalam upacara tersebut, bertidak sebagai inspektur upacara Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar yang diwakili Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi.

Wawako Marfendi dalam amanatnya menyampaikan, para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Pancasila menjadi pengingat bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Pancasila bukan hanya dibaca, didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan keseharian. Target dan tujuan kita adalah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA  Irwan Prayitno Resmikan Masjid Baitul Auliya di Komplek Kantor Gubernur 

“Alhamdulillah, nilai nilai Pancasila saat ini, kita laksanakan. Bagaimana gotong royong kita lakukan dan sukses menyelamatkan kita dari covid-19. Ini harus dipertahankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” Marfendi menambahkan.

“Rakyat Indonesia, harus dapat merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila untuk menyatukan cita-cita dan langkah ke depan. Pancasila ini adalah jiwa yang baru yang menghidupkan menggelorakan negeri ini. Tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara, ataupun tujuan bangsa namun turut menjadikan sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Marfendi menyampaikan, pada tahun depan bangsa Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi yang terletak melalui keindahan pemilihan umum 2024.

BACA JUGA  Jelang Penilaian, Kampung Tangguh Rumah Gadang Perumnas Belimbing Terus Matangkan Persiapan

Untuk itu kata Marfendi, mari seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menciptakan pemilu yang jujur aman dan damai, dan terus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana anti korupsi sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila.(ask)

Comment