Umum

Tingkatkan Ketangguhan, BNPB Gelar Lomba Pasang Tenda dan Dapur Umum di Sumbar

149
×

Tingkatkan Ketangguhan, BNPB Gelar Lomba Pasang Tenda dan Dapur Umum di Sumbar

Sebarkan artikel ini
FOTO: Lomba pasang tenda dan dapur umum oleh BNPB di Padang, Kamis (25/11).ist
PADANG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar lomba pasang tenda dan dapur umum, di Kota Padang, Sumatera Barat.
Kegiatan ini diikuti oleh 18 daerah kabupaten dan kota se-Sumbar, dan satu kelompok dari Provinsi Riau. Sementara satu Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak ikut karena terkendala jadwal kapal.

“Tentu ini kita lakukan untuk lebih siap menghadapi bencana,” kata Plt Deputi Peralatan dan Logistik BNPB, Harmensyah kepada awak media di Padang, Kamis (25/11).

Dikatakan Harmensyah, alasan Lomba Pemasangan Tenda ini dipilih, karena sangat dibutuhkan kecepatan SDM dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat korban bencana.

Sementara, lanjut Harmensyah, masih banyak SDM BPBD di daerah yang belum mahir dan cepat ketika memasang tenda. Padahal, tenda ini sangat dibutuhkan pengungsi atau masyarakat terdampak bencana.

BACA JUGA  Pemko Seyembarakan Desain Logo HUT ke-230 di Hari Jadi Kota Padangpanjang

“Jadi tenda ini masuk dalam pelayanan, mulai dari tenda pengungsian, penerangan, sanitasi, dan rasa aman bagi masyarakat terdampak,” ujarnya.

Lebih dari itu, sebut Harmensyah, pelayanan yang diberikan bukan hanya rasa aman, tapi juga sandang dan pangan. Dengan maksud tidak membiarkan korban terdampak bencana sakit akibat kelaparan, dan kedinginan.

Apalagi, menurut Harmensyah, wilayah Sumbar potensi bencananya sangat tinggi. Lomba ini diadakan justru sekaligus untuk persiapan lebih tangguh dan siap dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana.

“Makanya, Lomba Dapur Umum ini juga perlu dilakukan, agar personel BPBD bisa memberikan makanan cepat saji, sehat dan higenis bagi terdampak bencana,” terangnya.

Disebutkan Harmensyah, lomba ini hadiah utamanya berupa satu unit mobil, lalu ada hadiah sepeda motor, dan tropi. Kemudian juga beragam hadiah hiburan. Namun semua hadiah-hadiah itu akan menjadi milik kantor BPBD pemenang.

BACA JUGA  Seleksi Sekdaprov Sumbar, Ini Pejabat Pemprov Sumbar yang Memenuhi Syarat

Plt Kalaksa BPBD Sumbar, Mulyadi selaku tuan rumah menanggapi, bahwa lomba ini diadakan untuk menambah kompetensi personel BPBD Sumbar. Teutama dalam menghadapi situasi darurat bencana.

“Daerah kita ini sangat rawan bencana, jadi ini sangat perlu dilakukan. Dengan lomba ini, juga meningkatkan kekompakan serta motivasi, dan ketangguhan,” ucapnya.

Comment